Berita Kemenag: Ini kata SBY soal usulan Dirjen Konghucu di Kemenag

Berita Kemenag:   Ini kata SBY soal usulan Dirjen Konghucu di Kemenag - Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merespons usulan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) terkait dibentuknya Dirjen Agama Konghucu di Kementerian Agama. SBY berharap semoga usulan tersebut bisa terwujud dalam waktu dekat.

"Saya merespons baik usulan dari MATAKIN tadi dan Menko Kesra sebagai Menag ad interim, untuk didirikanya Dirjen Umat Konghucu. Moga-moga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa diwujudkan," ujar SBY saat menghadiri Perayaan Tahun Baru Imlek di Plenary Hall, JCC, Jakarta, Jumat (7/2).

SBY mengaku kerap mengikuti perkembangan umat Konghucu dalam 15 tahun terakhir. SBY bersyukur umat Konghucu telah memiliki hak dan kewajiban yang sama di depan hukum.

"Inpres tahun 67 yang bertahun-tahun membelenggu telah dicabut. Tahun baru Imlek juga telah ditetapkan sebagai hari libur nasional. Demikian pula, umat Konghucu dengan amat leluasa mencantumkan agama Khonghucu dalam KTP. Perkawinan dalam Konghucu dapat dicatatkan dalam catatan sipil. Pelajaran Konghucu dapat disejajarkan di sekolah-sekolah," ungkap SBY.

SBY mengatakan, agama Konghucu tidak boleh didiskriminasi. Jika ada lembaga yang membelenggu umat Konghucu harus ditindak.

"Kita tidak bisa mendiskriminasi, lembaga yang membelenggu umat Konghucu harus disingkirkan. Konghucu memiliki hak yang sama dengan umat lain," ujarnya. Berita Kemenag:   Ini kata SBY soal usulan Dirjen Konghucu di Kemenag -

Comments