Berita Kemenag: Ini Pejabat Kemenag yang Korupsi Dana Haji Senin, 10 Februari 2014 13:26 wib | Fahmi Firdaus - Okezone

Berita Kemenag: Ini Pejabat Kemenag yang Korupsi Dana Haji Senin, 10 Februari 2014 13:26 wib | Fahmi Firdaus - Okezone - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menelisik adanya dugaan penyimpangan dalam penggunaan dana haji di Kementerian Agama (Kemenag).

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), bahkan menemui kejanggalan dana haji periode 2004-2012. Laporan tersebut juga telah disampaikan kepada KPK dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag, M Jasin.

Menurut Jasin, pejabat Kemenag yang melakukan korupsi dana haji adalah di lingkungan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

"Mereka dari oknum Kemenag di lingkungan Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) yang memiliki akses ke BPIH," kata M Jasin di kantornya, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (10/2/2024).

Saat ini kata Jasin baru ada tiga pejabat yang diduga melakukan korupsi dana haji. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan munculnya nama-nama baru lainnya.

"Inisialnya HWH, AR, FR dan masih ada nama-nama yang lain," ucapnya.

Jasin yang juga mantan Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan itu memastikan dalam waktu dekat ia akan menindak tegas nama-nama tersebut dan akan memberi masukan ke Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Anggito Abimanyu.

"Karena ini bagian dari kesepakatan zona integritas pemberantasan korupsi," tegasnya.

Seperti diketahui, KPK tengah menelaah laporan masyarakat menyangkut pengelolaan dana haji yang diduga terjadi penyimpangan. KPK menerima laporan LHA PPATK mengenai kejanggalan dana haji periode 2004-2012.

Di mana ditemukan transaksi mencurigakan senilai Rp230 miliar dari total anggaran Rp80 triliun, ditambah imbalan hasil senilai Rp2,3 triliun per tahun. Saat ini, KPK juga tengah melakukan penelusuran terkait dugaan penyelewengan pengelolaan dana haji tahun 2012-2013. Berita Kemenag: Ini Pejabat Kemenag yang Korupsi Dana Haji Senin, 10 Februari 2014 13:26 wib | Fahmi Firdaus - Okezone -

Comments