Berita Kemenag: SBY Segera Bentuk Ditjen Agama Konghucu Ini merupakan bentuk pengakuan dan penghormatan kepada etnis Tionghoa

SBY Segera Bentuk Ditjen Agama Konghucu

Ini merupakan bentuk pengakuan dan penghormatan kepada etnis Tionghoa

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan segera mendirikan Direktorat Jenderal Agama Konghucu dalam waktu dekat. Hal ini, disampaikan SBY dalam sambutannya di perayaan tahun baru Imlek yang dihadiri oleh seluruh umat Konghucu di JCC, Jakarta, Jumat 7 Februari 2014.

"Sudah saya sampaikan kepada Menkokesra usulan didirikan Direktorat Jenderal Konghucu. Moga-moga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa diwujudkan," kata SBY.

Dalam sambutannya itu pula, SBY mengatakan bahwa saat ini umat Konghucu telah memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan agama lain dihadapan undang-undang dan hukum.

Hal ini terlihat dari perayaan tahun baru imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional. Umat Konghucu, juga bisa leluasa mencantumkan agamanya di KTP. Perkawinan dalam Khonghucu pun, dapat dicatatkan dalam catatan sipil.
Selain itu, pelajaran Konghucu dapat diajarkan di sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi.

"Selain merupakan pengakuan dan penghormatan kepada etnis Tionghoa juga menjadi mozaik terpadu dari etnis bangsa kita dan menunjukkan makin kokohnya bangsanya kita yang multi budaya," kata SBY.

SBY juga mengatakan, tahun baru imlek ini menjadi momentum bagi para umat Konghucu untuk melakukan refleksi dan evaluasi. "Imlek juga merupakan titik tolak untuk menumbuhkan semangat baru, harapan baru dan merajut kebersamaan sesama warga bangsa," kata dia. (eh)

SBY Segera Bentuk Ditjen Agama Konghucu

Ini merupakan bentuk pengakuan dan penghormatan kepada etnis Tionghoa

Comments