Kemenag DKI : KIR MAN 2 JAKARTA RAIH JUARA III LOMBA RATEK SMU/MA SE-INDONESIA

Kemenag DKI : KIR MAN 2 JAKARTA RAIH JUARA III LOMBA RATEK SMU/MA SE-INDONESIA - Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAN 2 Jakarta kembali menunjukkan kreatifitas dan inovasinya dalam dunia pengetahuan ilmiah.. Setelah beberapa waktu lalu berhasil menyabet peringkat pertama  Lomba Karya Ilmiah tingkat SMU/MA se-DKI dalam bidang Rekayasa Teknologi (RATEK), kini kembali menunjukkan kemampuannya di tingkat nasional. Pada Lomba Rekayasa Teknologi tingkat SMU/MA se-Indonesia yang diselenggarakan Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada Jogjakarta tanggal 29 September 2013, KIR MAN 2 Jakarta meraih peringkat ketiga setelah bersaing ketat dengan sebelas finalis lainnya. 

Adapun inovasi yang dirancang Kelompok Ilmiah madrasah yang berlokasi di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur ini adalah “Library Ticketing Express(LTIX) di Perpustakaan MAN 2 Jakarta.” LTIX merupakan program yang dibuat untuk memudahkan anggota perpustakaan MAN 2 Jakarta dalam meminjam koleksi buku di perpustakaan tersebut. Jika selama ini anggota perpustakaan langsung berkunjung ke perpustakaan untuk meminjam buku tanpa mengetahui ketersediaan buku, maka dengan LTIX kita dapat memesan terlebih dahulu melalui Handphone. Cara pengoperasiannya sangat mudah, yakni terlebih dahulu anggota sudah memiliki password keanggotaan perpustakaan. Langkah awal adalah login anggota, kemudian memilih buku yang diinginkan. Di layar handphone aka nada tampilan sampul buku yang dimaksud disertai jumlah buku yang tersedia saat itu. Jika buku yang akan diperlukan telah dipinjam oleh anggota lain, akan diberitahukan berapa  eksemplar yang dipinjam dan yang masih tersedia. Langkah terakhir adalah klik kode booking. Selanjutnya anggota mendatangi perpustakaan dengan memperlihatkan kode booking di layar HP- nya. Kemenag DKI : KIR MAN 2 JAKARTA RAIH JUARA III LOMBA RATEK SMU/MA SE-INDONESIA - 

Program ini sangat memudahkan pengguna layanan perpustakaan maupun pustakawan sendiri. Keunggulannya, selain menghemat waktu juga tenaga. pengunjung hanya akan datang ke perpustakaan jika telah yakin bahwa buku yang akan dipinjamnya tersedia. 

Studi banding yang dilakukan oleh Kelompok ini pada Perpustakaan yang ada di wilayah DKI, termasuk Perpustakaan Nasional,  menunjukkan bahwa selama ini belum ada cara efisien dalam layanan perpustakaan. LTIX dianggap menjadi program yang sangat inovatif dan layak digunakan semua lembaga yang memilikilayanan perpustakaan. Hal ini ditegaskan oelh Bapak Irawan Nuralam selaku dewan juri sekaligus Ketua Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM pada penyerahan piala dan penghargaan di kampus tersebut. 

Kemenag DKI : KIR MAN 2 JAKARTA RAIH JUARA III LOMBA RATEK SMU/MA SE-INDONESIA - Terpilih sebagai juara pertama dalam lomba ini adalah SMK Ngawi dengan judul penelitian “Pembuatan Sel Surya dari LED Bekas”,sedangkan juara ketiga diraih oleh SMUN I Salatiga, dengan judul penelitian “Joule Thief Sebagai Alat Pemanfaatan Gelombang Elektromagnetik”.

KIR MAN 2 Jakarta yang terdiri dari Paryusa Adi Nugroho, Aulia Putri Aji, dan M. Ridholloh selain memperoleh piala dan piagam penghargaan, juga mendapatkan uang bimbingan sebesar Rp. 2000.000,00. Di masa mendatang, Pembina KIR MAN 2 Jakarta, Yuyum Daryumi, S.Pd. berharap  semakin banyak lagi inovasi di bidang RATEK, IPA, maupun IPS yang dihasilkan oleh para calon ilmuwan muda. Dengan demikian, budaya berpikir ilmiah dan mencipta hal-hal baru yang bermanfaat bagi masyarakat akan terus tumbuh berkembang. (YD)
Kemenag DKI : KIR MAN 2 JAKARTA RAIH JUARA III LOMBA RATEK SMU/MA SE-INDONESIA -

Comments