Kemenag Jateng: Kakanwil : Jadilah Teladan Dalam Zakat!

Kemenag Jateng: Kakanwil : Jadilah Teladan Dalam Zakat!  - Salatiga – Tidak kurang dari 300 orang pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Salatiga yang terdiri atas pejabat struktural/fungsional, guru dan pegawai hadir di Aula 2 Setda Kota Salatiga untuk mengikuti Pembinaan Pegawai dalam rangka memperingati HAB ke-68 Kementerian Agama.

Pembinaan oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Khaeruddin, MA dan dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Salatiga, H. Wuryadi, M.Pd.I beserta para pejabat struktural dan fungsional Kankemenag Kota Salatiga.

Walikota Salatiga H. Yulianto, SE, MM turut hadir dalam acara ini. Acara yang dimulai pukul 09.45 berlangsung dalam suasana yang cukup dingin ditambah dengan guyuran air hujan yang sedikit menghambat perjalanan para peserta untuk hadir ke lokasi acara. Para siswa MTsN Kota Salatiga menampilkan seni musik Islami, beberapa lagu Islami ditampilkan dengan apik oleh para siswa dengan iringan musik modern dengan perpaduan rebana yang menambah kental ciri khas musik islami. Kemenag Jateng: Kakanwil : Jadilah Teladan Dalam Zakat!  -

Dalam sambutannya, Wuryadi menekankan untuk membayar zakat khususnya kepada para pegawai muslim sebesar 2,5% dari gaji pokok. “Siapa lagi kalau bukan kita sendiri yang mensponsori keberhasilan zakat khususnya di lingkungan Kementerian Agama”, jelasnya. Lebih jauh, Wuryadi menyampaikan harapan yang sama kepada pegawai non muslim untuk memberikan kontribusi dari sebagian gaji pokoknya untuk disampaikan kepada lembaga yang terkait sesuai dengan agamanya.

Sambutan juga disampaikan oleh Walikota yang mengajak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan sinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam bidang keagamaan dan pendidikan.

Kakanwil menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Kankemenag Kota Salatiga khususnya yang telah memberikan kontribusi keberhasilan penyerapan anggaran secara umum di Jawa Tengah hingga mencapai 95%. Hal itu tidak lepas dari koordinasi yang baik serta usaha keras dari semua pihak untuk bekerja lebih baik lagi.

Kemenag Jateng: Kakanwil : Jadilah Teladan Dalam Zakat!  - Terkait dengan HAB ke-68, bahwa tema yang diusung pada tahun ini adalah mengabdi dengan profesional dan amanah. Artinya kita tidak cukup dengan sekedar bekerja, tetapi bekerja dituntut dengan profesional yang bisa dipertanggungjawabkan serta amanah dalam mengemban jabatan apapun.

Selanjutnya, Kakanwil menyampaikan bahwa ada 9 hal penting yang harus dipedomani oleh pegawai Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 9 budaya kerja yang harus diterapkan itu antara lain : (1) jujur dan mempunyai integritas yang tinggi, (2) karakter yang baik, (3) taat hukum dan aturan, (4) bertanggung jawab dan akuntabel, (5) menghormati hak orang lain dan tidak mudah menyalahkan orang lain, (6) mencintai pekerjaan dan mau bekerja keras, (7) meningkatkan transparansi dan koordinasi, (8) disiplin yang tinggi, dan (9) bersahaja dalam hidup dan kehidupan.

Terkait dengan perubahan penilaian kinerja dengan penetapan SKP, Kakanwil mengimbau supaya benar-benar diperhatikan. Penilaian akan dilakukan oleh tim penilai berdasarkan kinerja pegawai yang bersangkutan.Kemenag Jateng: Kakanwil : Jadilah Teladan Dalam Zakat!  -

Dengan SKP, nantinya akan sangat terlihat jelas perbedaan antara pegawai yang qualified dengan pegawai yang asal-asalan. Menyambung apa yang disampaikan oleh Kepala Kankemenag tentang zakat, Kakanwil mengimbau supaya pegawai Kankemenag bisa menjadi contoh, menjadi teladan dalam membayar zakat, supaya bisa ditiru oleh masyarakat luar.

“Memang pada awalnya harus dipaksa, tetapi lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan bahkan menjadi kebutuhan”, tuturnya. Dengan menggalakkan zakat maka akan membawa barakah tidak hanya bagi yang membayar saja tetapi akan menjadi barakah bagi masyarakat khususnya para mustahik. (fat) Kemenag Jateng: Kakanwil : Jadilah Teladan Dalam Zakat!  -

Comments