Kemenag Jateng: Tingkatkan SDM yang Profesional untuk Pelayanan

Kemenag Jateng: Tingkatkan SDM yang Profesional untuk Pelayanan - Purworejo (28/1) – 653 orang Pegawai Negeri Sipil jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo terdiri atas Kepala Madrasah Negeri, kepala KUA, pengawas, para guru, penyuluh agama, dan pegawai menerima pembinaan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Khaeruddin, MA. Acara yang diselenggarakan di MTsN Bener itu dihadiri pula oleh Bupati Purworejo, Drs. H. Mahsun Zain, MAg., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, Drs. H. Nuruddin, M.Pd.I., dan Camat Bener.

Disamping pembinaan pegawai, Kakanwil juga meresmikan Gedung Pertemuan (Aula) MTsN Bener yang terletak dari bagian depan kompleks MTsN, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti. Kemenag Jateng: Tingkatkan SDM yang Profesional untuk Pelayanan -

Kepala Kankemenag menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan profesionalisme dan amanah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan ini sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HAB ke-68 Kementerian Agama. Dilaporkan pula bahwa kegiatan di Kankemenag Purworejo berjalan dengan baik berkat kerja keras semua pihak serta koordinasi yang harmonis dengan pemerintah daerah Kabupaten Purworejo.

Bupati yang juga berstatus sebagai Pegawai Kementerian Agama ini menyampaikan bahwa kegiatan di Kementerian Agama adalah kegiatan yang terkoordinasi dengan baik yang melibatkan masyarakat dan para tokoh agama di daerah.

Kemenag Jateng: Tingkatkan SDM yang Profesional untuk Pelayanan - Kebijakan saya membantu madrasah merupakan kebijakan saya yang bersifat proporsional antara instansi vertikal dan otonom. “Saya tidak membantu lembaga, tetapi yang saya bantu adalah warga Purworejo yang belajar di madrasah. Kalau ada kerugian negara yang timbul dari kebijakan ini, saya siap menggantinya”, jelas Bupati.

Kakanwil, dalam sambutannya menyampaikan harapan, khususnya kepada para Kepala KUA, supaya tidak perlu risau dengan adanya permasalahan yang ada pada saat ini. “Yang penting bekerja profesional, sesuai dengan peraturan. Jangan sampai menelantarkan masyarakat”, himbau Kakanwil.

Demikian pula kepada para pegawai secara keseluruhan untuk bisa mengabdi secara profesional dan amanah. Seluruh tugas dan fungsinya dituangkan dalam analisis jabatan sebagai alat untuk memberikan penilaian terhadap kinerja pegawai. Pada intinya SDM kita harus ditingkatkan kualitasnya dengan selalu belajar dan belajar demi memenuhi tuntutan kinerja yang lebih baik.

Untuk itu, ada 9 hal penting yang harus dipedomani oleh pegawai Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 9 budaya kerja yang harus diterapkan itu antara lain : (1) jujur dan mempunyai integritas yang tinggi, (2) karakter yang baik, (3) taat hukum dan aturan, (4) bertanggung jawab dan akuntabel, (5) menghormati hak orang lain dan tidak mudah menyalahkan orang lain, (6) mencintai pekerjaan dan mau bekerja keras, (7) meningkatkan transparansi dan koordinasi, (8) disiplin yang tinggi, dan (9) bersahaja dalam hidup dan kehidupan. Tidak berlangsung lama pembinaan oleh Kakanwil karena harus segera berangkat ke Jakarta untuk dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI bersama Dirjen Pendidikan Islam.(fat) Kemenag Jateng: Tingkatkan SDM yang Profesional untuk Pelayanan -

Comments