Kemenag RI: Asrama Haji Batam Direnovasi Jelang MTQ Nasional

Kemenag RI: Asrama Haji Batam Direnovasi Jelang MTQ Nasional - Batam (Pinmas) —- Asrama Haji  Batam direnovasi untuk melayani sebagian peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-25 yang akan diselenggarakan di Kota Batam, Kepulauan Riau, pada Juni 2013.

“Asrama haji direnovasi. Seluruh bagian yang  perlu direnovasi, terus diperbaiki,” , kata Kepala Pengelola Asrama Haji Batam, Lili Ramli, usai rapat persiapan MTQ Nasional di  Batam, Jumat (07/02).

Renovasi sebagian ruangan yang ada di Asrama Haji Batam guna memberikan kenyamanan kepada seluruh peserta MTQ yang  menginap dan menggunakan ruangan-ruangan yang ada. “Seluruh dana renovasi menggunakan dana dari BP Batam,” kata dia.

Lili mengatakan Asrama Haji Batam mampu menampung hingga 900 orang, yang semuanya bisa digunakan untuk kepentingan MTQ.

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Badan Pengusahaan  (BP) Batam I Wayan Subawa mengatakan seluruh kamar yang ada di Asrama  Haji bisa digunakan untuk pelaksanaan MTQ. “Asrama haji disiapkan seluruh kamar yang ada, kami rehab,” kata dia.

Kemenag RI: Asrama Haji Batam Direnovasi Jelang MTQ Nasional - 
Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho  mengatakan pihaknya tidak akan meminta bayaran untuk penggunaan  fasilitas di Asrama Haji. “Semuanya gratis, tidak dipungut bayaran,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Rudi meminta BP Batam menyerahkan Masjid  Agung Batam ke Pemkot agar bisa direnovasi.

Pemkot Batam,  kata dia, berencana untuk mempercantik Masjid Agung menjelang  pelaksanaan MTQ. Pemkot Bahkan sudah menyiapkan anggaran hingga miliaran rupiah untuk renovasi Masjid Raya.    “Perlu ada serah terima Masjid Agung agar dana bisa dikucurkan,” kata dia.

Mengenai persiapan MTQ,  Rudi mengatakan hampir seluruh bangunan fisik di Dataran Engku Putri sudah selesai dibangun. “Bangunan fisik sudah selesai di 2013, arena, tiga pintu gerbang, enam menara dan jalan utama sudah selesai,” kata dia.

Pelebaran jalan di sekitar Dataran Engku Putri juga sudah selesai, dan sudah dinikmati masyarakat. Pemkot masih akan membangun alur jalan yang menghubungkan Kantor Wali Kota ke  Kawasan Wisata Ocarina. “ Nanti dari Pemkot langsung ke Ocarina, kami ubah menjadi sistem bundaran, sehingga seluruh arah bisa berputar di  sana,” kata Wakil Wali Kota. (ess/ant/mkd)Kemenag RI: Asrama Haji Batam Direnovasi Jelang MTQ Nasional -

Comments