Kemenag RI: Itjen Kemenag Lakukan Lelang Jabatan

Kemenag RI: Itjen Kemenag Lakukan Lelang Jabatan - Jakarta (Pinmas) —- Inspektorat Jenderal Kementerian Agama pada 22 – 28 Januari 2014 telah mempelopori sistem rekruitmen terbuka pejabat di lingkungan Itjen dalam bentuk lelang jabatan.

“Melalui Proses Assessment Test,  kami telah melakukan lelang jabatan di lingkungan Itjen. Hal ini kami lakukan untuk merealisasikan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan Kemenag,” terang Irjen HM Jasin saat mengadakan konferensi pers di Kantor Itjen Fatmawati Jakarta Selatan, Senin (10/2), sesaat setelah pelantikan 11 pejabat eselon IV Itjen Kemenag RI.

Jasin mengatakan bahwa langkah ini sebagai tindak lanjut dari Instruksi Menteri Agama RI No 1 Tahun 2012 tentang pelaksanaan pembangunan zona integritas. Jasin memastikan bahwa proses lelang jabatan ini dilakukan secara benar dan bebas KKN.

“Saya pribadi sebelum tes dilakukan, tidak mengenal para pengetes, karena Setjen yang mencarikan tim. Jadi, Proses Assessment Test ini benar-benar bebas KKN,” tambahnya.
Ditambahkan Jasin bahwa sebagai langkah awal, lelang jabatan terbuka ini dilakukan pada pejabat eselon III dan IV, melalui beberapa tahap: seleksi administrasi, Assessment Test, tes kompetensi, tes wawancara dan terakhir pelaksanaan rapat baperjakat. Pendaftaran dan seleksi adminstrasi dilakukan secara online melalui portal Inspektorat Jenderal Kemenag.

“Bagi peserta yang memenuhi syarat administrasi, kami undang untuk mengikuti Assessment Test yang dilakukan di Assessment Center Biro Kepegawaian Setjen Kemenag dan mereka diuji oleh tim independen dan berasal dari kalangan eksternal,” ujar Jasin.

“Peserta yang lolos ujian, mengikuti test kompetensi dengan penguji Pejabat Eselon I dan II Itjen,” imbunya.

Kemenag RI: Itjen Kemenag Lakukan Lelang Jabatan - 
Lelang jabatan ini, lanjut Jasin, merupakan terobosan baru sebagai ikhtiar nyata institusi Pemeritnah dalam upaya menciptakan Pemerintahan yang transparan dan akuntabel.
Adapun pejabat baru Eselon IV Itjen Kementerian Agama yang baru dilantik:
1.    H. Mohammad Yusup, S.Ag., M.Ak. (Auditor Pertama Pada Inspektorat Wilayah IV Inspektorat Jenderal) menjabat Kasubbag Perencanaan dan Anggaran pada Bagian Perencanaan dan Keuangan.
2.    H. Budi Setyo Hartoto, S.E., M.M. (sebelumnya Kasubbag Perencanaan dan Anggaran pada Bagian Perencanaan dan Keuangan) menjabat Kasubbag Verifikasi, Evaluasi, dan Pelaporan pada Bagian Perencanaan dan Keuangan.
3.    H. Nurul Badruttamam, S.Ag., M.A. (Pelaksana Pada Subbagian Rumah Tangga pada Bagian Umum) menjabat Kasubbag Organisasi dan Tata Laksana pada Bagian Ortala dan Kepegawaian.
4.    H. Kamalul Iman Billah, M.A. (sebelumnya Kasubbag Sistem Informasi Pengawasan pada Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan) menjabat Kasubbag Pengelolaan Hasil Pengawasan Internal pada Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan.
5.    H. Nugraha Stiawan, S.Sos.I (sebelumnya Kasubbag Organisasi dan Tata Laksana pada Bagian Ortala dan Kepagawaian) menjabat Kasubbag Pengelolaan Hasil Pengawasan Eksternal dan Dumas pada Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan.
6.    Muhammad Hafidz Lidinillah, S.Th.I, MA.Ek (sebelumnya Pelaksana pada Subbagian Perlengkapan dan Barang Milik Negara) menjabat Kasubbag Sistem Informasi Pengawasan pada Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan.
7.    Titik Purwanti, S.E., MAB (sebelumnya Pelaksana pada Subbagian Hukum dan Peraturan Perundang-undangan) menjabat Kasubbag Tata Usaha pada Bagian Umum.
8.    Abdul Hamid, S.Fil.I (sebelumnya Auditor Pertama Pada Inspektorat Investigasi) menjabat Kasubbag Perlengkapan dan Barang Milik Negara pada Bagian Umum.
9.    H. Sarto, S.Sos (sebelumnya Kasubbag Tata Usaha pada Bagian Umum) menjabat Kasubbag Tata Usaha Inspektorat Wilayah II.
10.    H. M. Noer Alya Fitra, S.E., M.M. (sebelumnya Kasubbag Pengelolaan Hasil Pengawasan Internal pada Bagian Pengelolaan Hasil Pengawasan) menjabat Kasubbag Tata Usaha Inspektorat Wilayah III.
11.    Mujib Roni, S.Pd.I., M.Si (sebelumnya menjabat Auditor Pertama Pada Inspektorat Wilayah IV) menjabat Kasubbag Tata Usaha Inspektorat Investigasi. (g-penk/mkd/mkd) Kemenag RI: Itjen Kemenag Lakukan Lelang Jabatan -

Comments