Kemenag RI: Madrasah Dan Pesantren Harapan Utama Pendidikan Akhlak

Kemenag RI: Madrasah Dan Pesantren Harapan Utama Pendidikan Akhlak - Palu (Pinmas) —- Menag Suryadharma Ali menegaskan bahwa madrasah dan pesantren mempunyai posisi penting dalam pendidikan akhlak. Berdiri sejak Indonesia belum merdeka, kedua lembaga pendidikan Islam ini telah memberikan kontribusi besar dalam pembangunan karakter bangsa.

“Hanya melalui madrasah dan pondok pesantren, pendidikan akhlak dan budaya bisa terbangun dengan sebaik-baiknya,” tegas  Menag  saat membuka Muktamar Alkhairaat ke X, Senin (10/02), di Palu.

Hadir dalam pembukaan acara muktamar, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Sosial Salim Segaf al-Jufri, Gubernur Sulteng Longki Djanggola, Walikota Palu Rusdy Mastura, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulteng Mohsen serta ribuan kader Alkhairaat se-Indonesia.

Alkhairaat merupakan yayasan pendidikan yang pertama kali berdiri di Palu. Didirikan sejak 1930 oleh Sayyid Idrus bin Salim Aljufri, yayasan ini sekarang telah memiliki 1.550 madrasah dan 36 pondok pesantren yang tersebar di Sulteng, Sulut, Gorontalo, Sulsel, Sulbar, Sultra, Kaltim, Malut, Maluku, Papua Barat, Papua, Kalsel, dan Kaltim.

Kemenag RI: Madrasah Dan Pesantren Harapan Utama Pendidikan Akhlak - 
“Semangat keagamaan yang tinggi tapi tidak dibarengi dengan pemahaman agama yang baik akan menyuburkan munculnya pemahaman yang menyimpang,” tambah Menag menekankan kontribusi pesantren dan madrasah dalam memberikan ajaran Islam rahmatan lil ‘alamin kepada masyarakat Indonesia.

Menutup sambutannya, Menag berharap penyelenggaraan Muktamar Alkhairaat ini dapat merekomendasikan hal positif dan solutif bagi Bangsa Indonesia.  “Saya berharap, Muktamar ini dapat menghasilkan solusi untuk persoalan bangsa yang mendera saat ini,” tambah Menag.
Sementara itu, Ketua umum Alkhairaat Saggaf bin Muhammad Aljufri dalam sambutannya mengharapkan agar Muktamar kali ini dapat menghasilkan pemikiran bagi program pendidikan yang berorientasi pada penguatan imtek dan imtak. (cw/mkd/mkd) Kemenag RI: Madrasah Dan Pesantren Harapan Utama Pendidikan Akhlak -

Comments