Kemenag RI: Menag: Kerukunan Harus Terus Dijaga

Kemenag RI: Menag: Kerukunan Harus Terus Dijaga - Jambi (Pinmas) —- Upaya menjaga kerukunan kehidupan beragama  di berbagai daerah dan Tanah Air mesti terus dipupuk dan dijaga. Penegasan ini disampaikan  Menag Suryadharma Ali, Sabtu (01/02), usai melaksanakan gerak jalan kerukunan di Jambi.

“Gerak jalan kerukunan seperti ini kita laksanakan untuk  mengokohkan kerukunan beragama kita.Kita gelar ini bukan berarti  ada masalah dalam kerukunan yang sudah berjalan  baik. Sebab kerukunan adalah proses terus-menerus untuk kita jaga bersama. Karena  tidak  tertutup kemungkinan ada pihak-pihak tertentu  yang  tidak  ingin kita hidup rukun di Tanah Air, khususnya di Jambi,” kata Menag
Kemenag RI: Menag: Kerukunan Harus Terus Dijaga - Turut dalam Gerak Jalan Kerukunan Jambi ini,  Wamenag Nasaruddin Umar, Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Wagub Fahrori Umar, Kepala Kanwil Kemenag Jambi Mahbub Daryanto, dan perwakilan tokoh lintas agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu, dan Kong Hu Cu.

Acara gerak jalan kerukunan tersebut di ikuti antusias sekitar 60 ribu lebih warga Jambi yang menyemut melalui rute perjalanan dari kantor Kanwil Kemenag Jambi ke kantor halaman gubernuran di Kota Jambi.

Acara semakin meriah tatkala atraksi barongsai turut menyemarakkan kegiatan gerak jalan kerukunan nasional yang   kesekian kalinya di gelar Kemenag  di sejumlah provinsi itu.
Menurut Menag, kerukunan merupakan  modal bangsa untuk teciptanya pembangunan yang dapat menyejahterakan rakyat dan umat. Dengan kerukunan, kita menjadi bersatu sehingga tercipta  kedamaian.

“Kami berharap kerukunan umat beragama yang sudah ada dapat  lebih luas menciptakan kerukunan lainnya, seperti rukun antar peradaban dan  budaya,rukun antar adat istiadat, rukun antara tetangga dan keluarga,” terang Menag.

“Jadi  kerukunan merupakan kebutuhan kita semua.Sulit terciptanya pembangunan  tanpa kerukunan yang melahirkan persatuan dan kedamaian. Mari kita bangkitkan kerukunan,” tegasnya. Kemenag RI: Menag: Kerukunan Harus Terus Dijaga - 

Hemat Menag, terselenggaranya gerak jalan kerukunan di Jambi dengan baik yang diikuti antusias ribuan warganya sebagai  sebuah keindahan dan dapat menjadi cermin bagi daerah lain. “Semalam kita sudah dialog dengan tokoh lintas agama. Hari ini, kita gerak jalan bersama dengan umat dan tokoh agama. Inilah keindahan kerukunan kita,” pungkas Menag yang mengenakan topi,  kaus seragam hijau, dan bersepatu kets di acara tersebut.

Kemenag RI: Menag: Kerukunan Harus Terus Dijaga - Sementara Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menambahkan, kegiatan gerak jalan dan kampanye produk halal di wilayahnya mempunyai  makna tersendiri. Menurutnya,  kegiatan ini menunjukan kerukunan di Jambi sudah terjalin begitu baik.
“Mari kita  lanjutkan  kegiatan ini ke depan, kita terus pelihara kerukunan dengan baik di Jambi khususnya dan di Tanah Air pada umumnya,” ujarnya.

Salah satu peserta gerak jalan dari Vihara Kota Jambi,Hek Liem memberikan apresiasi positif atas terselenggarannya kegiatan itu.“Gerak jalan kerukunan ini membuat kita sehat juga menjalin persaudaraan kita dengan tokoh dan masyarakat agama lain menjadi erat,“ujarnya kepada wartawan di sela sela acara tersebut.

Sementara peserta gerak jalan lainnya, Ismail, guru madrasah di Jambi, berharap kondisi kerukunan yang sudah terjalin baik terus dirawat sehingga Jambi dapat terus membangun buat seluruh warganya. Kemenag RI: Menag: Kerukunan Harus Terus Dijaga -

Comments