Kemenag RI: Menag Sarankan Masjid di Kelenteng Sam Poo Kong Berarsitektur China

Kemenag RI: Menag Sarankan Masjid di Kelenteng Sam Poo Kong Berarsitektur China - Semarang (Pinmas) – Menteri Agama Suryadharma Ali menyarankan agar arsitektur Masjid yang akan di bangun pengelola Kelenteng Sam Poo Kong di komplek kelenteng tersebut berarsitektur China.
“Saya ditunjukkan pengelola, lokasi dalam kompleks Kelenteng yang akan dibangun sebuah masjid, saya sarankan agar masjid tersebut berarsitektur Cina, agar ada kekhususan dan kekhasan, sekaligus sebagai penghormatan dari sebuah akulturasi kebudayaan dan untuk mengenang jasa Laksamana Cheng Ho yang menyebarkan Islam diberbagai tempat (termasuk di Semarang) tanpa pertumpahan darah” terang Menag saat mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong di Semarang, Senin (3/2).

Sebelumnya, pada Minggu malam (2/2), Menag bersilaturahim (pai cia) dengan Keluarga Besar Persatuan Tempat Ibadah Tri Dharma (P.T.I TD) dan Martrisia Komisi Daerah (Komda) Jawa Tengah di Tempat Ibadah Tri Dharma. (T.I TD) Tay Kak Sie, Pecinan Semarang.

Menag menjelaskan, pertemuan Menag dengan para tokoh lintas agama dan kunjungan ke beberapa kelenteng di Semarang, adalah dalam rangka memperkuat kerukunan umat beragama di Indonesia.
“Di Maluku ada istilah ‘pelagandong’, di Papua ada ‘satu tungku tiga batu’, dan di Sulawesi Utara ada “torang basodara’ dan lain sebagainya, semua itu adalah budaya kerukunan luar biasa yang telah terbangun dan mengakar di masyarakat kita,” imbuh Menag.

Menurut Menag, kerukunan antarumat beragama di Indonesia harus terus dipupuk dan dipertahankan oleh semua pihak. Kerukunan antarumat ini telah terbangun sejak ratusan, bahkan ribuan tahun lalu. (g-penk/dm). Kemenag RI: Menag Sarankan Masjid di Kelenteng Sam Poo Kong Berarsitektur China -

Comments