Kemenag RI: Pengelolaan Dana Haji Makin Baik

Kemenag RI: Pengelolaan Dana Haji Makin Baik - Jakarta (Pinmas) – Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Anggito Abimanyu menegaskan bahwa dirinya terus berupaya memperbaiki pengelolaan dana haji. Namun, Anggito mengaku bahwa dirinya merasa seperti tersesat. Hanya saja tersesatnya ke jalan yang benar karena dipercaya sebagai Dirjen PHU.

“Saya menjadi Dirjen Penyelenggaraan haji dan Umrah Haji ibarat tersesat ke jalan yang benar. Banyak
harapan dan keinginan agar keuangan haji makin baik,” kata Anggito Abimanyu saat meluncurkan buku terbarunya bertajuk ‘Tangan Tak Terlihat’ di Jakarta, Rabu (5/2).  Acara dihadiri mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung, dan Ketua Umum Baznas Didin Hafiduddin.

Kepada wartawan, Anggito menjelaskan, investasi dana haji sudah dimasukan dalam sukuk dan menghasilkan manfaat. Untuk investasi lebih jauh, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh masih harus menunggu regulasi yang akan dibuat.

Jika sudah ada payung hukum melalui undang-undang yang kini masih RUU, Anggito mengatakan dana haji akan diinvestasikan untuk pesawat. RUU Pengelolaan Keuangan Haji sudah dimasukkan ke DPR dan menunggu pembahasan.

Kendati pengelolaan dana haji saat ini dinilai beresiko, Anggito menilai memang harus ada upaya menangani resiko dan tetap harus ada regulasi. ‘‘RUU itu memberi payung hokum pengelolaan keuangan haji yang lebih modern dengan membuka kesempatan investasi di sektor riil,’‘ kata Anggito.
Anggito menilai memang harus ada pembaruan dalam pengelolaan dana haji mengingat waktu tunggu yang sudah semakin lama. Ia berharap RUU bisa segera disahkan sebelum masa tugas mereka berakhir.

Anggito menjelaskan, saat ini jumlah setoran dana haji yang dipegang oleh Kementerian Agama  mencapai Rp 64 triliun. Dana ini diinvestasikan ke deposito perbankan dan surat utang syariah (sukuk) yang diterbitkan Kementerian Keuangan. (ks/mkd) Kemenag RI: Pengelolaan Dana Haji Makin Baik -

Comments