Kemenag RI: Peningkatan Mutu PTAI Bukan Agenda Sederhana

Kemenag RI: Peningkatan Mutu PTAI Bukan Agenda Sederhana- Metro, Lampung (Pinmas) —- Peningkatan mutu Perguruan Tinggi Agama Islam( PTAI) bukan agenda yang sederhana. Penegasan ini disampaikan Menteri Agama Suryadharma Ali saat membuka sekaligus meresmikan Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama (IAIM-NU) Metro Lampung, Minggu (02/02).

Menurut  Menag, dalam upaya peningkatan mutu, seluruh insan perguruan tinggi harus bahu-membahu mengejar idealismenya.  “Semuanya harus ikut  memikirkan bagaimana caranya agar calon mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri melirik PTAI sebagai pilihan, bukan sebagai tempat kuliah alternatif,” ujarnya.

Menag meminta agar semua pihak dapat menjawab tantangan peningkatan mutu ini dengan langkah-langkah progresif, dengan menaikan tangga mutu PTAI. Untuk itu, lanjut Menag, kementerian yang sedang dipimmnya ini tengah merumuskan konsep Islamic Higher Education Golden Transformation(IHEGRA).Melalui konsep ini, diharapkan akan terbangun PTAI yang ideal sebelum 2025.

“Sehingga pada saatnya kita bisa mewujudkan PTAI yang bisa masuk Word Class University (WCU),” jelas Menag. Kemenag RI: Peningkatan Mutu PTAI Bukan Agenda Sederhana-

Menag menjelaskan Indonesia memang membutuhkan PTAI yang berkaliber dunia. Hal ini karena Indonesia diharapkan bisa mengartikulasikan ilmu-ilmu Islam,melahirkan peradaban Islam baru,dan dapat membela kepentingan Islam di pentas internasional.

Kemenag RI: Peningkatan Mutu PTAI Bukan Agenda Sederhana- Hadir dalam peresemian IAIM NU ini, Kepala  Kanwil Provinsi  Lampung  Abdurrahman, Sekda Prov. Lampung  Berlian Tihang, Ketua Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama  Mamat Selamat Burhanudin, Rektor IAIM-NU  Mispani, serta para Kyai dan tokoh masyarakat Provinsi Lampung.

“Harapan kita, IAIM-NU dan PTAI binaan Kementrian Agama dapat menjadi juru bicara dalam mengartikulasikan ilmu-ilmu keislaman sehingga Indonesia dapat melahirkan peradaban Islam baru dan menjadi negara yang pandai membela dan menyuarakan kepentingan Islam di pentas internasional,” tegas Menag.

Diakhir sambutannya, Menag  berpesan kepada seluruh undangan serta para mahasiswa dan mahasiswi IAIM-NU agar PTAI menjadi almamater yang dibanggakan oleh umat Islam.
“Hanya kita yang dapat membesarkan namanya, maka tingkatkan kemampuan dan ilmu agar kita mampu menghadapi peluang-peluang kemajuan di masa yang akan datang,” tutup Menag. Kemenag RI: Peningkatan Mutu PTAI Bukan Agenda Sederhana-

Comments