Kemenag RI: Realisasi Anggaran Kemenag Tahun 2013 Masih 3 Besar K/L

Kemenag RI: Realisasi Anggaran Kemenag Tahun 2013 Masih 3 Besar K/L - Bandung (Pinmas) – Realisasi anggaran Kementerian Agama tahun 2013 mencapai 91,43%.  Meski realisasi anggaran Kemenag tahun 2013 menurun 1% dibanding tahun 2012, namun kita harus bersyukur Kementerian Agama masih berada diperingkat tiga besar Kementerian/Lembaga dengan realisasi anggaran tertinggi. Demikian disampaikan Sekjen Kemenag Bahrul Hayat pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama Tahun 2014 di Bandung, Jumat (7/2) malam.

Menurut Sekjen, selama ini kita selalu tidak bahagia karena kekurangan anggaran. Potret realisasi anggaran Kemenag yang terkategorisasi tingkat penyerapan di bawah 80% di sejumlah satuan kerja (satker), menurutnya berarti ada titik yang harus dicek kembali penyebabnya, padahal secara umum, setiap satker memiliki tingkat kesulitan yang sama.

“Potret ini menjadi catatan di tahun 2014,” terang Sekjen.

Sekjen memaparkan, opini BPK atas Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tahun 2013 kita berharap meningkat statusnya. Atas raihan opini WTP yang telah diraih Kemenag tahun 2011 dan 2012, kerja keras Kemenag diakui oleh BPK sebagai prestasi yang luar biasa dengan satuan kerja yang berjumlah 4000 lebih, terbanyak di antara Kementerian/Lembaga.

 Kemenag RI: Realisasi Anggaran Kemenag Tahun 2013 Masih 3 Besar K/L -
“Kita telah berijtihad dengan tepat atas peraturan yang ada,” kata Bahrul Hayat.
Sekjen dalam Rakernas tersebut menyampaikan sembilan potret teknis kinerja Kementerian Agama yang dinilai oleh pihak lain dalam hal ini institusi yang memiliki otoritatif, dan  bukan dari persepsi yang berkembang di media. Menurutnya, hasil potret ini tentu ada yang menggembirakan dan menyedihkan.

Kesembilan potret tersebut mencakup realiasi anggaran, laporan keuangan Kemenag, BPIH dan  DAU 2012, penilaian capaian LAKIP tahun 2012, Survei KPK tentang Integritas Kemenag, penilaian kepatuhan penyelenggaraan publik oleh Ombudsman, Penilaian UKP4 terhadap rencana aksi Kementerian Agama 2013, e-transparency award 2013 , survey kepuasan jamaah haji 2013, dan Penilaian kinerja Badan Layanan Umum (BLU) bidang layanan pendidikan. (dm/dm). Kemenag RI: Realisasi Anggaran Kemenag Tahun 2013 Masih 3 Besar K/L -

Comments