Kemenag Yogyakarta: Koperasi KUAD Kanwil Kemenag DIY Adakan RAT

Kemenag Yogyakarta: Koperasi KUAD Kanwil Kemenag DIY Adakan RAT - Yogyakarta (Humas)—Koperasi Pegawai Negeri (KPN) KUAD Kanwil Kemenag DIY menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2013 di Aula Kanwil, Senin (27/1). Acara ini dihadiri Kakanwil Drs.H.Maskul Haji,M.Pd.I, Rusdiyanto dari PKPRI, Dra.Prabaningtyas dari Disperindagkoptan Kota Yogyakarta, dan Ketua Dekopinda Kota Yogyakarta Iskandar SE, serta seluruh anggota KPN KUAD berjumlah 183 orang.

Kakanwil Drs.H.Maskul Haji,M.PdI yang memberikan pengarahan sekaligus membuka RAT menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya tepat waktu. “KPN KUAD telah mendapatkan nilai 81 dan ini termasuk koperasi sehat,” ujarnya.

Menurut Iskandar SE, Indonesia akan hadapi AFTA (Asean Free Trade Area). “Itu artinya kompetisi semakin sengit. Bukan siapa yang kuat, tapi dia yang mampu beradaptasi yang akan bertahan,” ujarnya. Ia menambahkan anggota koperasi adalah pemilik sekaligus pelanggan.Kemenag Yogyakarta: Koperasi KUAD Kanwil Kemenag DIY Adakan RAT -


“Kalau meminjam di luar koperasi KUAD, paling cuma dapat kalender, tapi jika di KUAD anda sekaligus membantu anggota lainnya,” terangnya lebih lanjut seraya menambahkan sejak tahun 1905 hingga 2012 ada 9 UU tentang koperasi. “Dalam UU No 17 Tahun 2012 disebutkan dengan melaksanakan UU ini secara baik dan konsekuen diharapkan koperasi akan sehat, tangguh, mandiri menyejahterakan anggota dan masyarakat,” pungkas Iskandar.


Kemenag Yogyakarta: Koperasi KUAD Kanwil Kemenag DIY Adakan RAT - Sementara baik Dra.Prabaningtyas maupun Rusdiyanto mengapresiasi prestasi KPN KUAD. “Dari 300 koperasi yang ada di DIY, baru 30 koperasi yang melaksanakan RAT dan KUAD salah satunya,” kata Prabaningtyas. Rusdi juga menilai jika koperasi di lingkungan Kemenag relatif lebih cepat menggelar RAT. “Yang pertama yaitu koperasi MAN Yogyakarta I,” ujarnya singkat.
 
Sisa Hasil Usaha (SHU) KPN KUAD pada 2013 meningkat 26 persen dari tahun sebelumnya. “Yakni Rp 131.762.200 dari Rp 104.572.220 yang berasal dari 4 jenis usaha yang terdiri dari unit simpan pinjam, warung, simpanan PKP RI, dan arisan sepeda motor,” kata Drs.H.Muklas Ketua KPN KUAD. Untuk 2014, terang Muklas lebih lanjut, usaha warung akan dihapuskan karena telah menjadi aturan UU.
 
Dalam kesempatan ini, dibagi puluhan doorprize menarik kepada peserta. Tampak para anggota KPN KUAD puas dengan kinerja pengurus. Itulah koperasi: dari anggota kembali untuk anggota. (bap) Kemenag Yogyakarta: Koperasi KUAD Kanwil Kemenag DIY Adakan RAT -

Comments