Kemenag Yogyakarta: MENGINTIP KEGIATAN BERBASIS ADIWIYATA DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I

Kemenag Yogyakarta: MENGINTIP KEGIATAN BERBASIS ADIWIYATA DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I  - Setelah berhasil menjadi juara Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten pada bulan Desember yang lalu, tidak menyebabkan kegiatan berwawasan lingkungan / Adiwiyata di MTs N Yogyakarta I menjadi mandek. Ditengah berbagai kegiatan sekolah yang sangat padat, banyak kegiatan Adiwiyata yang bisa dilaksanakan. 

Kegiatan bank sampah yang dulu baru dirintis dengan hanya mengumpulkan sampah sebagai hukuman bagi siswa yang kelasnya kotor, sekarang mulai ditangani lebih serius dan melibatkan seluruh peserta didik. Setiap siswa diwajibkan untuk memiliki tabungan sampah. Tehnik yang diberlakukan adalah, setiap siswa harus mengumpulkan sampah plastic dan menjualnya ke Bank Sampah Madrasah. Uang hasil penjualan sampah tersebut tidak langsung diberikan, tetapi dimasukkan dalam buku tabungan. 

Dari kegiatan ini diharapkan lingkungan madrasah akan bebas dari sampah yang berserakan, sekaligus mendidik siswa agar memiliki persepsi bahwa sampah-sesuatu yang selama ini dianggap tidak berharga-ternyata bisa menghasilkan uang.Kemenag Yogyakarta: MENGINTIP KEGIATAN BERBASIS ADIWIYATA DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I  - 
 
Selain kegiatan yang melibatkan semua siswa, ada juga kegiatan yang melibatkan guru. Bekerja sama dengan LSM Shind, madrasah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Tehnik penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis lingkungan hidup. Kegiatan ini dilaksanakan hari Selasa,(22 /01) dengan mengambil waktu setelah KBM selesai. Menghadirkan Bapak Drs. Sudjoko, MS dari Pendidikan Biologi FMIPA UNY sebagai narasumber, para guru diberi bimbingan untuk mengintegrasikan kegiatan bernuansa lingkungan hidup kedalam RPP masing-masing mata pelajaran.

Kemenag Yogyakarta: MENGINTIP KEGIATAN BERBASIS ADIWIYATA DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I  - Sehingga nantinya proses pembelajaran yang berlangsung ,merupakan kegiatan yang berbasis lingkungan. Misalnya menggunakan kolam limbah air wudlu sebagai sumber belajar IPA tentang ekosistem, mengajak siswa untuk mengamati benda-benda yang ada dikolam dan menterjemahkannya dalam kosa kata bahasa arab, dan lain sebagainya.

Kegiatan lain yang berwawasan lingkungan adalah hidroponik, pembuatan kompos, lomba kebersihan dan pemeliharaan taman antar kelas dan yang masih dalam rencana adalah pemanfaatan daun kering dan bunga kering sebagai hiasan.(Ih’s) Kemenag Yogyakarta: MENGINTIP KEGIATAN BERBASIS ADIWIYATA DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I  -

Comments