MTQ Nasional 2014: Kesiapan 90 Persen

MTQ Nasional 2014:  Kesiapan 90 Persen
MTQ Nasional 2014:  Kesiapan 90 Persen
MTQ Nasional 2014:  Kesiapan 90 Persen - batampos.co.id - Persiapan jelang perhelatan MTQ Nasional di Batam Juni nanti sudah mencapai 90 persen. Panitia juga terus memantau progres pembangunan Astaka dan Mimbar Dataran Engku Putri yang akan menjadi lokasi acara.

“Saya bersama Pemko Batam dan BP Kawasan akan terus on the spot (meninjau lokasi, red) untuk memantau perkembangan,” ujar Soerya Respationo, Ketua Panitia MTQ Nasional yang juga Wagub Kepri disela acara Raker Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepri di Hotel Planet Holiday, Jodoh, Sabtu (8/2).

Dalam waktu dekat, panitia juga akan mengadakan rapat untuk mendengarkan laporan perkembangan dari masing-masing divisi. Termasuk, kata dia, yang berkaitan dengan keterlibatan masyarakat dan aspek penunjang seperti stan dan area berjualan yang memadai di beberapa titik.

“Selain ajang lomba, semua masyrakat harus dilibatkan dan juga diuntungkan,” katanya.
Caranya, jelas Soerya, akan dibuka stan-stan berjualan yang resmi untuk mengakomodir kalangan usaha kecil dan menengah (UKM). Calon penjual yang boleh menjajakan dagangannya, kata dia, akan diseleksi berdasar kriteria tertentu.

“Yang pasti akan kami berikan kemudahan,” ujarnya. (rna) MTQ Nasional 2014:  Kesiapan 90 Persen - batampos.co.id -


MTQ Nasional 2014: Rapatkan Barisan Jelang Pemilu dan MTQ Nasional - batampos.co.id -


TANJUNGPINANG (BP) – Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 dan perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25, Gubernur Kepri HM Sani merapatkan barisan kepada sejumlah tokoh masyarakat lintas agama di Aula Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (5/2) pukul 09.00 WIB.Pertemuan yang diikuti sejumlah tokoh masyarakat, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari kabupaten/ kota, dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan Polri tersebut membahas kondisi terkini Provinsi Kepri jelang penyelanggaraan Pemilu dan MTQ Nasional di Batam.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur menegaskan kalau Provinsi Kepri sudah siap melaksanakan kedua kegiatan tersebut. ”Dalam pertemuan tadi, kita bertemu dengan forum untuk menerima masukan, terutama jelang Pemilu dan MTQ Nasional. Makanya dalam pertemuan ini kita hadirkan Polri, KPU, dan Bawaslu. Supaya mereka bisa memberikan pemaparan untuk pelaksanaan Pemilu mendatang,” jelas Sani usai pertemuan tersebut.

Gubernur mengharapkan, ada kebersamaan untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban di Provinsi Kepri. Tanpa ada kebersamaan, kedamaian tidak akan pernah terwujud. Ia juga mengajak masyarakat Kepri yang sudah terdaftar sebagai pemilih untuk memberikan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. ”Jangan sampai ada yang golput. Mohon dukungan bersama. Karena harus yakin hak pilih bisa memberikan semangat untuk perubahan kearah yang lebih baik lagi,” ujar Sani.

Mengenai MTQ Nasional, kata Gubernur, persiapan terus dilakukan. Bagaimana kelanjutannya, besok (hari ini, red) akan dibahas oleh Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo yang merupakan Ketua Panitia. Karena kegiatan itu nanti akan melibatkan lintas agama, pada kesempatan ini juga diundang Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB). Selain itu, Gubernur minta masjid di sekitar tempat kegiatan untuk berbenah, karena sekitar lima ribu orang yang akan datang ke Batam.

”Yang kami khawatirkan adalah pada waktu pembukaan nanti, sehingga panitia harus kerja keras untuk penataan lokasi, baik itu parkir, maupun untuk pedagang kaki lima yang tidak bisa diduga jumlahnya,” jelas mantan Bupati Karimun tersebut.

Dikatakannya, untuk memberikan pengetahuan bagi kafilah dari berbagai daerah, panitia telah merencanakan city tour bagi para kafilah. Selain di Kota Batam, distinasi wisata yang akan dijadikan pilihan bagi para kafilah adalah Pulau Penyengat, Tanjungpinang.

”Nanti panitia akan memerikan beberapa pilihan, tinggal para kafilah mau ke mana tujuannya. Karena nanti ada waktu jeda,” tutup Sani.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, menambahkan untuk persiapan MTQ nanti, besok (hari ini, red) pihaknya akan kembali rapat bersama dengan lintas instansi yang tergabung dalam panitia. Apalagi katanya, kegiatan itu akan disejalankan dengan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Sehingga, jangan sampai kegiatan tersebut berbenturan dengan jadawal MTQ.

”Besok akan kita bahas mengenai run down kegiatan itu nanti. Begitu juga dengan tempat-tempat kegiatannya, akan kita putuskan langsung. Sehingga untuk pelaksaanya kita tinggal menunggu waktu luang presiden. Karena memang kita inginkan tri kesuksesan sebagai tuan rumah,” jelas Soerya.
Sekretaris FKUB Kota Batam I Wayan, untuk menanamkan keharomonisan dalam beragama, dan turut mensukseskan kegiatan itu nanti, lintas agama yang tergabung dalam FKUB siap untuk perpastisipasi. Namun bagaiman nantinya, dalam rapat selanjutnya, ia meminta supaya FKUB dilibatkan. }Mari kita sukseskan kegiatan ini bersama-sama, bukan sendiri-sendiri. Begitu juga untuk pemilu nanti,” ujar I Wayan.

Sementara itu, Karoops Polda Kepri Kombes Pol Aris Purnomo yang mewakil Polda Kepri Brigjen Endjang Sudrajat, mengatakan Polri sudah siap untuk pengamanan pemilu mendatang. Dikatakannya, pada waktu pemungutan suara, Polda Kepri akan menerjunkan 2/3 personel polisi yang akan disebar ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). ”Kita juga akan melakukan pemantauan menggunakan helikopter khusus yang dibantu dari Mabes Polri. Begitu juga dengan pengamanan MTQ mendatang, kita siap berkoordinasi untuk masalah keamanannya,” ujar Aris dalam pertemuan tersebut. (jpg)

MTQ Nasional 2014: Rapatkan Barisan Jelang Pemilu dan MTQ Nasional - batampos.co.id -

Comments