MTQ Nasional Batam: Enam Hotel Baru Beroperasi Jelang MTQ

MTQ Nasional Batam: Enam Hotel Baru Beroperasi Jelang MTQ
MTQ Nasional Batam: Enam Hotel Baru Beroperasi Jelang MTQ
MTQ Nasional Batam: Enam Hotel Baru Beroperasi Jelang MTQ - BATAM — Enam hotel baru dengan kapasitas mencapai 500 kamar akan beroprasi di Batam menjelang penyelenggaraan MTQ Nasional pada 2014.

“Iya, setidaknya akan ada enam hotel baru beroperasi di Batam. Jika sudah beroperasi, maka jumlah kamar hotel berbagai tipe di Batam mencapai sekitar 15.000,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Guntur Sakti di Batam.

Ia mengatakan, pada MTQ Nasional 2014 Kepri ditunjuk sebagai tuan rumah dan penyelenggaraannya akan dilaksanakan di Batam.

“Dengan jumlah tersebut, Batam sangat siap menampung seluruh peserta dan rombongan yang akan memeriahkan kegiatan akbar tersebut,” kata dia.

Selain itu, Panitia Musabaqah Tilawatil Quran mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk mendatangkan penyanyi religius asal Lebanon Maher Zain dalam upacara pembukaan MTQ 2014 di Batam untuk menghibur warga dan peserta acara nasional itu.

“Ada banyak keinginan warga untuk mendatangkan Maher Zein, nanti kami upayakan,”
kata Ketua Bidang Acara Panitia MTQ Nasional, Buralimar di Batam, Minggu.

Buralimar mengatakan panitia berupaya memenuhi keinginan masyarakat yang ingin dihibur langsung penyanyi lagu “Insya Allah” itu.

“Tapi bagaimana dia di luar negeri. Tapi akan kami upayakan,” kata pria yang juga Kepala Badam Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan (P3DK) Provinsi Kepulauan Riau itu.
Selain Maher Zain, Buralimar memastikan upacara pembukaan MTQ akan dimeriahkan penyanyi religius ibu kota seperti Opick dan Bimbo.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Nasional Soerya Respationo mengatakan seluruh kegiatan diperkirakan memakan anggaran Rp90 miliar.

Dana itu, kata Soerya digunakan mulai dari pembangunan infrastruktur hingga pelaksanaan acara.
Soerya yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau itu mengatakan pemerintah provinsi dan Kota Batam terus mempercepat persiapan MTQ Nasional 2014 seperti pembangunan “astaka” dan perluasan jalan di sekitar Dataran Engku Putri, tempat pelaksanaan MTQ.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga membenahi belasan ruas jalan di Kota Batam, menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Batam pada 2014 untuk memperlancar acara nasional itu. MTQ Nasional Batam: Enam Hotel Baru Beroperasi Jelang MTQ

MTQ Nasional Batam: PPKI Diadakan Bersamaan denagn MTQ di Kepri 2014

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) sekaligus Ketua Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI)menyetujui pelaksaan kegiatan tersebut bersamaan dengan Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2014 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

“Pelaksanaan PPKI mamang tidak harus dilaksanakan di Jakarta sepertri tahun-tahun sebelumnya. Saya menyetujui jika acaranya pada 2014 nanti akan digelar di Kepri bersamaan dengan pelaksanaan MTQ Nasional,” kata dia di Batam, Jumat

Pelaksanaan PPKI di daerah, kata dia, juga sebagai ajang promosi apalagi Batam berbatasan langsung dengan negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia.

“Dua kegiatan ini sangat mungkin dilaksanakan bersamaan, sehingga gaungnya akan lebioh dahsyat. Ide pelaksanaan secara serentak sangat baik,” kata dia.

Karena pelaksanaannya akan dibarengkan dengan MTQ Nasional, Agung berpesan agar produk-produk yang dipamerkan harus produk kreatif khas daerah masing-masing.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang juga Ketua MTQ Nasional 2014 di Kepri, Soeryo Respationo mengatakan, dengan digabungkan dua kegiatan nasional dunia pariwisata akan meningkat, terutama yang datang dari mancanegara.

“Potensi wisatanya akan sangat luar biasa, sehingga akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan asing dan lokal datang ke Kepri terutama Batam,” kata Soerya.

Dengan pelaksanaan kedua kegiatan secara bersama-sama, kata dia, juga akan menimbulkan efek peningkatan ekonomi signifikan.

Kepala Bidang Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata Kota Batam Rudi Panjaitan mengatakan Sebanyak 10.000 kamar hotel berbintang di Kota Batam, Kepulauan Riau, siap menampung peserta MTQ nasional di kota tersebut pada 2014.

“Sekarang sudah ada 7.700 kamar hotel berbintang, ditambah dengan rencana pembangunan 12 hotel bintang baru,” kata  dia.

Rudi mengatakan belum mendapatkan informasi kebutuhan kamar hotel pada perhelatan nasional itu. Namun, Dinas Pariwisata bersama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan kamar saat MTQ.

“Masih ada banyak hotel melati, kalau tidak cukup juga, bisa memakai Asrama Haji,”

MTQ Nasional Batam: PPKI Diadakan Bersamaan denagn MTQ di Kepri 2014


Comments