MTQ Nasional Batam: Pusat Puji Persiapan MTQ Nasional Kepri

MTQ Nasional Batam:  Pusat Puji Persiapan MTQ Nasional Kepri
MTQ Nasional Batam:  Pusat Puji Persiapan MTQ Nasional Kepri
MTQ Nasional Batam:  Pusat Puji Persiapan MTQ Nasional Kepri - JAKARTA (HK)- Persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 di Batam, Provinsi Kepri dipuji Pemerintah Pusat.

Kementerian Agama menilai, persiapan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri jauh lebih baik dari beberapa pelaksanaan MTQ sebelumnya.

“Hasil on the spot (pemantauan langsung), dari perspektif kami sudah siap. Makanya, saya berani bilang, andaikata MTQ ini diselenggarakan bulan depan pun, saya berani,” kata Dirjen Binmas Kemenag Prof.Dr.Abdul Djamil saat menggelar rapat dengan panitia MTQ dan lintas kementerian di aula utama Kemenag, Jakarta, Selasa (28/1).

Ucapan Djamil tentu berdasar. Saat ini, pembangunan astaka, menara dan gerbang di Dataran Engku Putri sudah hampir selesai. Pun dengan pembangunan beberapa ruas jalan untuk membuka akses ke lokasi acara. Selain itu sarana pendukung seperti hotel, transportasi dan lainnya juga sudah siap untuk pelaksanaan agenda nasional itu.

Di tempat yang sama, Ketua LPTQ Dr.Soerya Respationo, SH MH  yang juga Wagub Provinsi Kepulauan Riau kembali mengutarakan niatnya untuk membuat MTQ kali ini meriah. “Jadi, seperti yang sudah-sudah, pelaksanaan MTQ hanya ramai di awal dan akhir saja,” kata Soerya.

Atas dasar itulah, ia menyambut baik pelaksanaan MTQ disejalankan dengan pelaksanaan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Lantas bagaimana teknis pelaksanaannya?

Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri Guntur Sakti mengatakan bahwa arena MTQ akan diadakan berdampingan dengan arena PPKI. Konsep yang akan dibawa pun disejalankan dengan MTQ.

Untuk memeriahkannya, panitia akan menggelar pra iven MTQ nasional. Beberapa di antaranya adalah silahturahmi antar umat beragama.

“sehingga nantinya akan terlihat harmoni dalam keragaman umat beragama dalam acara ini,” kata Guntur.

Tak hanya itu, rangkaian acara MTQ ini juga akan diadakan temu sastra religi dan penanaman pohon. Sehingga, nantinya, rangkaian kegiatan ini berjalan dengan baik.

Sementara itu, Deputi V Kemenko Kesra Dr. Haswan Yunas, SE, MM, MSI mengatakan bahwa pihaknya siap menyandingkan pelaksanaan MTQ dengan PPKI. Dari pihak Kemenko Kesra, akan menampilkan 15 sub sektor ekonomi kreatif antara lain periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fashion, film, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan, komputer, radio dan televisi serta riset dan kuliner.

Tak hanya itu, ia meminta agar gaung dari MTQ ini dapat dirasakan mulai negara ASEAN, Arab  hingga seluruh dunia.

“Apalagi, MTQ kali ini kita menunjukkan bahwa di Indonesia hubungan antara umat beragama harmonis,” katanya.

Rapat kali ini juga dihadiri Sekdaprov Robert Iwan Loriaux, Asisten Pemkesra, Reni Yusneli, Kadis Kebudayaan Arifin Nasir, Kadisperindag SM Taufik, Kadis PU Heru Sukmoro, Kabiro Humas dan Protokol Hery Mokhrizal. Tak hanya itu, Kakanwil Kemenag Kepri Drs.Marwin dan Kemenag Batam Drs. Zulkifli serta Direktur Pelayanan Terpadu BP Batam Dwi Joko Wiwoho hadir dalam rapat kali ini. (r/and)

Sumber : MTQ Nasional Batam:  Pusat Puji Persiapan MTQ Nasional Kepri http://haluankepri.com/nasional/58232-pusat-puji-persiapan-mtq-kepri.html

MTQ Nasional Batam: Sambut MTQ 2014, Hotel Bernuansa Islam

Batam – Semua hotel-hotel di Batam, diminta didekorasi dengan nuansa Islami. Dekorasi nuansa Islami ini dimaksudkan, dalam menyambut MTQ Nasional yang akan diadakan di Batam, tahun 2014 mendatang.

Untuk merealisasikan rencana ini, Dinas Pariwisata Batam sudah mendapat dukungan dari Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Batam.Kadis Pariwisata Kota Batam, Yusfa Hendri, mengatakan, nuansa Islami di hotel di Batam merupakan identitas yang berbaur Melayu juga.
“Itu sebagai identitas. Itu juga untuk mengubah citra Batam yang negatif sebagai pusat hiburan,” kata Yusfa.

Selain itu, semua petugas hotel di Batam diiimbau untuk memakai baju Melayu, terlebih menyambut MTQ Nasional. Diimbau juga, seluruh komponen pariwisata ikut menyukseskan rencana itu. Batam sebagai bagian rumpun Melayu, perlu menunjukan identitasnya.

“Ketua PHRI Batam sudah menyetujui. Surat edaran sudah kita kirim dan seluruh anggota PHRI akan melaksanakannya,” bebernya.

Di tempat berbeda, Ketua PHRI Batam, Hanafi mengakui sudah menerima surat edaran Dinas Pariwisata. Dia mendukung kebijakan itu, dalam mendorong citra Batam menyambut penyelenggaraan MTQ.

“Nuansa khusus seperti identitas Melayu, memang perlu selama tuan rumah MTQ,” katanya beralasan.
Terkait penyelenggaraan MTQ Nasional di Batam, tahun 2014 mendatang, Dinas Pariwisata Kepri, menargetkan Wisman 2 juta orang. Peningkatan target itu, selain karena pembukaan pelabuhan baru di Pulau Bintan di Tanjung Berakit dan pembukaan beberapa hotel baru, juga karena adanya MTQ Nasional.(MARTUA)

Sumber: MTQ Nasional Batam: Sambut MTQ 2014, Hotel Bernuansa Islam http://www.tanjungpinangpos.co.id/2013/12/84989/sambut-mtq-2014-hotel-bernuansa-islam.html

Comments