MTQ Nasional Batam: Walikota Batam Road Show ke Daerah Ajak Warga ke Batam

MTQ Nasional Batam: Walikota Batam Road Show ke Daerah Ajak Warga ke Batam
MTQ Nasional Batam: Walikota Batam Road Show ke Daerah Ajak Warga ke Batam
MTQ Nasional Batam: Walikota Batam Road Show ke Daerah Ajak Warga ke Batam - batampos.co.id - Langkah Walikota Batam Ahmad Dahlan mensosialisasikan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional diberbagai daerah di Provinsi Kepri sangat diperlukan. Suksesnya penyelenggaraan event tersebut, tentu perlu dukungan semua pihak, terutama masyarakat Kepri.

Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun Abdul Hamid Azis mengungkapkan, sosialiasi kedaerah-daerah harus dilaksanakan. Bukan tidak mustahil masih ada sebagian masyarakat Kepri yang belum tau bila pelaksanaan MTQ ada di Batam,  pada awal Juni mendatang.

“Ini sangat bagus dan memberikan kita semangat yang didaerah ini untuk hadir. Langkah sosialisasi dengan turun keberbagai daerah tentu bertujuan dan berharap masyarakat datang untuk meramaikan MTQ,”kata Abdul Hamid, usai silaturrahmi dengan Walikota Batam Ahmad Dahlan, di Tanjungbalai Karimun, Jumat (14/2).

Sebelum melaksanakan silaturrahmi dengan para pengurus LAM Karimun, Ahmad Dahlan juga menyampaikan hal mengenai MTQ kepada jamaah shalat Jumat di Masjid Agung Karimun. Ia meminta kepada masyarakat Karimun, untuk hadir beramai-ramai ke Batam pada MTQ mendatang.
Abdul Hamid menjelaskan, dengan turunnya orang nomor satu di Batam diberbagai daerah, ini membuktikan bila memang Batam sebagai tempat pelaksanaan MTQ sudah siap  menyemarakkan acara tersebut. Tidak terlepas dari kesiapan panitia tentunya.

Oleh karenanya, sebagai orang Karimun, langkah-langkah seperti ini harus didukung dan menyambungkan informasi ke masyarakat lainya.

“Kita di daerah harus juga menggaungkan ini. Sebab, suksesnya penyelenggaraan MTQ, tentu menyangkut nama Provinsi Kepri juga,”kata Abdul Hamid, yang pada saat silaturrahmi juga dihadiri para alumni Jokjakarta.

Sementara itu, Kepala Rumah Tangga Masjid Agung Karimun, Zulfan Batubara mengatakan, selain sosialisasi, sebagai pemimpin Ahmad Dahlan juga mampu memberikan pencerahan dalam khutbah yang diberikan. Oleh karena itu, hal ini sejalan dengan akan dilaksanakannya MTQ di Batam, 5 Juni mendatang.

“Tadi dia khutbah. Setelah itu baru sosialisasi pelaksanaan MTQ. Ini sangat efektif, karena langsung kepada masyarakat. Kemarin saya lihat di media sudah sempat ke beberapa daerah, seperti Natuna, Pinang, Bintan dan lainya. Memang harus seperti ini,”kata  Zulfan.

Sementara itu, Ahmad Dahlan mengajak semua masyarakat Kepri, untuk ke Batam guna meramaikan MTQ. Tuan rumah Provinsi Kepulauan Riau tapi dilaksanakan di Batam. Ini harus disemarakkan.
“Mari berbondong-bondong ke Batam. Kalau sepi, kita sendiri nanti yang malu sebagai orang Kepri. Apalagi Kepri di identik dengan tanah Melayu,”ujar Dahlan.(spt)  MTQ Nasional Batam: Walikota Batam Road Show ke Daerah Ajak Warga ke Batam - batampos.co.id -

MTQ Nasional Batam: Masjid Raya Direnovasi dengan Anggaran Rp 4 M - batampos.co.id -

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyiapkan anggaran Rp 4 miliar untuk merenovasi Masjid Raya Batam menyambut pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-25 bulan Juni mendatang. Namun, pembangunan tersebut terkendala karena Pemko belum memiliki izin pinjam pakai dari Badan Pengusahaan (BP) Batam.

”Kita ingin merenovasi masjid, anggaran sudah siap. Namun, belum ada pinjam pakai dari BP ke Pemko,” kata Wakil Wali Kota Batam Rudi, saat memberikan laporan terknis kepada Ketua Panitia MTQ Soerya Respationo di lantai 5 Graha Kepri di Batam Centre, Jumat (7/2).

Menurut dia, tak adanya izin pinjam pakai dari BP Batam tersebut, membuat pihaknya tak bisa mencairkan anggaran renovasi masjid. Padahal, anggaran sebesar Rp 4 miliar sudah disiapkan untuk merenovasi bagian dalam dan luar masjid.

”Sebaiknya secepatnya diserahkan kepada Pemko Batam, agar pembangunan bisa secepatnya dilaksanakan. Apalagi BP Batam tak punya anggaran untuk renovasi,” terang Rudi.

Tak hanya masjid, Rudi juga menjelaskan pihaknya masih disibukan dalam penyelesaian proyek fisik seperti pembangunan astaka, jalan umum Batam Centre hingga bundaran di simpang Ocarina.

”Khusus anggaran 2013 sudah selesai. Kini kita lanjutkan dianggaran 2014. Dan kita sudah lakukan pelelangan. Mudah-mudahan bisa selesai minggu kedua di bulan Mei mendatang,” imbuh Rudi.
Sementara itu, Deputi Bidang Pengusahaan Sarana BP Batam I Wayan Subawa belum bisa memberi jawaban banyak terkait izin pinjam pakai Masjid Raya ke Pemko Batam.

”Sebelum sudah ada izin pinjam pakai. Namun saya kurang tahu apakah masa izin pinjam pakai itu sudah habis,biasanya hanya 2 tahun. Sebenarnya itu urusan bagian umum, namun nanti saya cek kesana. Jadi saya belum bisa kasih jawaban terkait ini,” kata Wayan.

Dalam rapat tersebut, Wayan juga melaporkan lokasi yang akan dijadikan lahan parkir pada saat MTQ mendatang. Di mana pihaknya telah menetapkan enam titik lokasi parkir seperti di depan Kantor Pos, di Masjid Raya, Gedung Sumatera, di bawah Bukit Clara dan di parkiran Gedung Lam.

”Namun minggu depan kita coba rapatkan lagi dan kita pastikan keenam lokasi itu benar,” ujarnya.
Di tempat yang sama, Soerya mengatakan persiapan MTQ sudah hampir finish. Untuk pengamanan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polri dan TNI. Tak hanya itu, Soeryo juga menghimbau agar seluruh pihak termasuk lintas agama dapat mensukseskan pelaksanaan MTQ di Kepri.

”Saya mengimbau agar lintas agama lain, bisa berkenan untuk membuat spanduk ucapakan selamat dan sukses untuk MTQ Nasional 2014. Hal itu dimaksud untuk menunjukan harmoni dalam keberagamanan,” pungkas Soerya. (she) MTQ Nasional Batam: Masjid Raya Direnovasi dengan Anggaran Rp 4 M - batampos.co.id -

Comments