MTQ Nasional Batam

MTQ Nasional Batam
MTQ Nasional Batam
MTQ Nasional Batam : Batam Siap Sambut Tamu MTQ Nasional - REPUBLIKA.CO.ID, BATAM – Ruang khusus tamu-tamu penting Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-25 di Bandara Internasional Hang Nadim, Kepulauan Riau, disiapkan. Menurut jadwal, MTQN berlangsung di Kota Batam, Kepulauan Riau, pertengahan 2014.

“Kami siapkan ruang VVIP untuk tamu MTQN  kalau memang ada permintaan,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam Dwi Djoko Wiwoho, Senin (27/1). BP Batam merupakan pengelola Bandara Hang Nadim.

Djoko mengatakan, untuk sementara BP Batam belum mempersiapkan kebutuhan untuk MTQN. Meski begitu, BP Batam siap membantu Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Batam menyukseskan acara tersebut.

“Sampai sekarang, masih biasa. Tapi, nanti kami ada rapat dengan Kementerian Agama. Mungkin, dari sana baru diketahui apa saja yang mesti kami bantu,” kata Djoko. Ia menambahkan, selama ini Bandara Hang Nadim terus melakukan perbaikan pelayanan.

Misalnya, membuka dua ruang pemeriksaan calon penumpang dan pembenahan tempat parkir. Tapi, perbaikan layanan itu tak terkait dengan persiapan penyelenggaraan MTQN. “Sebagai bandara internasional, kami harus meningkatkan keamanan dan kenyamanan.”

Mengenai penambahan jumlah penerbangan selama MTQN, sampai saat ini belum ada maskapai penerbangan yang mengajukan. Baru Garuda Indonesia yang menyatakan akan menambah penerbangan ke Bandara Hang Nadim saat MTQN.

“Kami masih melihat potensi yang ada, berapa kira-kira penambahannya, dan kemungkinan penggunaan pesawat yang lebih besar," kata General Manager Garuda Indonesia untuk Batam Dewa Swastika

Paling tidak, sudah ada beberapa daerah yang memesan tiket untuk rombongan. Biasanya, ada pemerintah daerah yang menyewa satu pesawat milik Garuda untuk membawa kafilah MTQ provinsinya, jadi tidak membeli tiket satu per satu.

Di antaranya, Jawa Timur yang memesan satu pesawat, Yogyakarta satu, dan Balikpapan satu. “Bisa ada empat hingga lima pesawat yang disewa oleh beberapa kafilah provinsi,” kata Dewa. Biasanya, Garuda menyediakan pesawat jenis Airbus. MTQ Nasional Batam : Batam Siap Sambut Tamu MTQ Nasional

MTQ Nasional Batam : Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional, Batam Ingin yang Terbaik
Skalanews - Bandara Hang Nadim Batam Provinsi Kepulauan Riau siap melayani ribuan peserta Musabaqah Tilawatil Quran tingkat nasional di Batam pada pertengahan 2014, kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Atap dan Humas Badan Pengusahaan Batam Dwi Djoko Wiwoho.

"Bandara sudah siap," kata Dwi Djoko Wiwoho di Batam, Rabu, usai menghadiri rapat persiapan MTQ Nasional, Rabu.

Ia mengatakan sebagai pengelola Bandara Hang Nadim Batam pihaknya belum perlu menambah fasilitas apa pun di bandara, karena semuanya sudah memadai.

Jumlah penerbangan ke kota industri pun belum akan ada penambahan, karena pesawat di Bandara Hang Nadim memiliki jadwal terbang ke seluruh daerah di Indonesia.

"Belum ada penambahan penerbangan, karena mereka baru tahu kalau dari Hang Nadim ada ke semua jurusan," kata dia.

Saat ini, setiap harinya Bandara Hang Nadim melayani 120 kali penerbangan dari dan ke Batam.

Bandara internasional itu dilengkapi sembilan ruang tunggu dan satu ruang transfer. Delapan ruang tunggu mampu menampung hingga 250 tempat duduk dan satu ruang tunggu lainnya bisa memuat 450 tempat duduk.

Sebelumnya, General Manager Garuda Indonesia untuk Batam Dewa Swastika mengatakan pihaknya berencana menambah jumlah penerbangan ke Bandara Hang Nadim Batam saat pelaksanaan MTQ tingkat nasional.

"Kami sudah merencanakan, tapi masih melihat potensi yang ada, berapa kira-kira penambahannya dan penggunaan pesawat yang lebih besar," kata dia.

Ia belum dapat memastikan jumlah penambahan penerbangan dan penggunaan pesawat ke Batam saat MTQ Nasional, meski sudah ada beberapa daerah yang memesan tiket untuk rombongan.

Biasanya, kata dia, ada pemerintah daerah yang menyewa satu pesawat milik Garuda untuk membawa khafilah MTQ provinsinya, jadi, tidak membeli tiket satu per satu.

"Biasanya daerah 'carter flight' ke Batam secara khusus, seperti Jatim satu pesawat, Jogya satu dan Balikpapan satu. Bisa empat sampai lima pesawat yang dicarter," kata dia.

Garuda menyediakan beberapa pesawat airbus untuk membawa rombongan khafilah MTQ dari berbagai daerah di Indonesia. (ant/mar)  MTQ Nasional Batam : Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional, Batam Ingin yang Terbaik

Comments