MTQ Nasional di Batam: Bengkalis Kirim Empat 4 Utusan

MTQ Nasional di Batam: Bengkalis Kirim Empat 4 Utusan
MTQ Nasional di Batam: Bengkalis Kirim Empat 4 Utusan
MTQ Nasional di Batam: Bengkalis Kirim Empat 4 Utusan - Riauterkini- BENGKALIS-Pada Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional di Batam pada Juni 2014 mendatang, empat kafilah asal Kabupaten Bengkalis diutus mewakili Riau setelah sebelumnya mengikuti seleksi di Pekanbaru.

“Semula sembilan peserta yang ikut seleksi dan lolos empat orang untuk mewakili Riau pada MTQ Nasional di Batam Juni mendatang,” ungkap Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis Arianto kepada wartawan, Senin (27/1/14).

Mereka yang terpilih menjadi utusan Riau tersebut adalah Penti Nanda Putri untuk cabang Tilawah Remaja Putri, Suhaimi di cabang Tafsir Bahasa Inggris, M. Ashubli untuk cabang M2IQ dan Satria Efendi untuk cabang Khattil Quran Hiasan Mushaf.

“Mudah-mudahan mereka yang diutus atas nama Riau ini berusaha yang terbaik untuk menjaga nama baik daerah. Mohon doa dan restu sangat kami harapkan dari masyarakat,” harapnya. MTQ Nasional di Batam: Bengkalis Kirim Empat 4 Utusan

MTQ Nasional Di Batam: BI Sosialisasi Ekonomi Syariah.

Skalanews -Kepala Kantor BI Kepri Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, Bank Indonesia Kepulauan Riau memanfaatkan waktu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional ke-25 di Batam, untuk sosialisasi ekonomi syariah dengan mengadakan Expo Syariah.

"Kami akan mengadakan Expo Syariah dalam satu rangkaian acara dengan MTQ," kata Gusti Raizal dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan MTQ Nasional di Batam, Jumat.

Menurut Gusti Raizal, MTQ adalah waktu yang baik untuk lebih memasyarakatkan ekonomi syariah, mengingat kegiatan muslim itu diikuti perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

BI akan menggandeng bank-bank syariah, BPR syariah dan UMKM dalam pameran yang rencananya diselenggarakan di mal terdekat tempat acara.

"Kami bisa menggunakan hal ini, untuk lebih mendorong kesuksesan MTQ," kata dia.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo mendukung rencana BI untuk menyelaraskan sosialisasi ekonomi syariah dengan MTQ Nasional di Batam.

"Panitia menyambut baik keinginan BI menghimpun bank-bank syariah, sebagai satu kesatuan," kata Wakil Gubernur.

Menurut Gubernur, ekonomi syariah sejalan dengan semangat pelaksanaan MTQ. Sehingga cocok bila kegiatannya dimasukan dalam rangkaian acara nasional itu.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan, hampir seluruh bangunan fisik untuk pelaksanaan MTQ di Dataran Engku Putri sudah selesai dibangun.

"Bangunan fisik sudah selesai di 2013, Arena, tiga pintu gerbang, enam menara dan jalan utama sudah selesai," kata dia.

Pelebaran jalan di sekitar Dataran Engku Putri juga sudah selesai, dan sudah dinikmati masyarakat.

Namun, Pemkot Batam masih akan membangun alur jalan yang menghubungkan Kantor Wali Kota ke Kawasan Wisata Ocarina.

"Nanti dari Pemkot langsung ke Ocarina. Kami ubah menjadi sistem bundaran. Sehingga seluruh arah bisa berputar di sana," kata Wakil Wali Kota. MTQ Nasional Di Batam: BI Sosialisasi Ekonomi Syariah.

MTQ Nasional di Batam: Sulbar Tidak Gunakan Peserta Luar - REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Provinsi Sulawesi Barat tidak menggunakan peserta dari luar dalam menghadapi ajang Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) di Batam Kepulauan Riau 2014.

"Kami andalkan bibit lokal dan tidak akan mengambil peserta dari Provinsi lain, untuk mewakili Sulbar pada ajang MTQ di Batam," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sulbar H Anwar Kamil, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan tidak seperti Provinsi lain yang mengambil peserta dari Sulbar untuk mewakili daerahnya di ajang nasional seperti pada saat pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran di Provinsi Bangka Belitung tahun lalu.

"Kami akan tetap jujur dan benar benar akan membawa atlit lokal menghadapi ajang MTQ, meskipun tidak menargetkan juara, tapi kami yakin dengan membina dan memotivasi atlet daerah sendiri sejak dini dan diperkaya dengan pengalaman, maka Sulbar kedepan akan berprestasi di event nasional seperti MTQ," katanya.

Menurut dia, pemerintah di Sulbar terus akan membina para generasinya agar dapat berprestasi di ajang nasional seperti STQ dan MTQ tersebut.

"Mungkin daerah lain punya anggaran besar sehingga mampu menggunakan dan membiayai atlit daerah lain, bahkan dari Sulbar sendiri, tetapi dengan bibit lokal yang terus ksmi bina sejak dini akan mampu berprestasi pula di ajang nasional," katanya.

Ia mengaku Sulbar tidak punya target juara MTQ di tahun ini, namun akan tetap berupaya menampilkan kemampuan terbaiknya.

"MTQ tingkat Provinsi Sulbar yang digelar di Kabupaten Polman tahun ini, akan menjaid ajang seleksi siapa bibit lokal yang akan ditetapkan mewakili Sulbar di MTQ tingkat nasional di Batam pertengahan tahun nanti," katanya.
MTQ Nasional di Batam: Sulbar Tidak Gunakan Peserta Luar.

Comments