Berita Kemenag: Kemenag dan Disdikpora Monitoring Pelaksanaan UAMBN

Berita Kemenag: Kemenag dan Disdikpora Monitoring Pelaksanaan UAMBN
Rhobi Shani
Kepala Seksi Bidang Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar Luar Biasa Disdikpora Kabupaten Jepara, Haryanto, saat memantau pelaksanaan UAMBN di MA Matholi’ul Huda Troso, Pecangaan, Jepara pada, Rabu (12/3/2014) (Rhobi Shani)
Kepala Seksi Bidang Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar Luar Biasa Disdikpora Kabupaten Jepara, Haryanto, saat memantau pelaksanaan UAMBN di MA Matholi’ul Huda Troso, Pecangaan, Jepara pada, Rabu (12/3/2014) (Rhobi Shani)

Secara serentak, UAMBN dilaksanakan sejak Senin (10/3/2014), hingga hari ini

JEPARA, Jaringnews.com - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara memonitoring pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di sejumlah sekolah di Kabupaten Jepara. Secara serentak, UAMBN dilaksanakan sejak Senin (10/3/2014), hingga hari ini, Rabu (12/3/2014).

Kepala Seksi Bidang Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar Luar Biasa Disdikpora Kabupaten Jepara, Haryanto menyampaikan, monitoring ini dilakukan untuk mengecek pelaksanaan UAMBN apakah sudah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur.

"Di hari terakhir ini, saya minta  kepada panitia penyelenggara tetap mematuhi Prosedur Operasi Standar (POS) sehingga ujian dapat berlangsung lancar," ujar Haryanto saat memonitoring pelaksanaan UAMBN di MA  Matholi’ul Huda Troso, Pecangaan, Jepara.

Selain Disdikpora, Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Tengah, Sholihin, juga melakukan pemantauan pelaksanaan UAMBN.

Dalam kesempatan itu, Sholihin yang didampingi Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Jepara, Hastuti Harijati, meninjau langsung pelaksanaan UAMBN di setiap ruangan ujian untuk melihat sejauh mana tingkat kelancaran pelaksanaannya.

Selain memantau secara langsung pelaksanaan UAMBN di setiap rungan, Sholihin juga membagikan kuesioner kepada kepala madrasah terkait dengan persiapan teknis menjelang hingga saat pelaksanaan UAMBN. Angket juga diberikan kepada sejumlah siswa. Berita Kemenag: Kemenag dan Disdikpora Monitoring Pelaksanaan UAMBN


Berita Kemenag: Kemenag Bogor Bahas Sosialisasi UAMBN
           
agama

BOGOR (Pos Kota) – Kementerian Agama Kota Bogor menggelar sosialisasi ketentuan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) yang akan diselenggarakan Maret mendatang.  Sosialisasi diikuti oleh para Kepala Sekolah tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah di Aula Kamenag, Kota Bogor, Selasa (18/2).

Sosialisasi UAMBN ini diikuti kepala sekolah terdiri dari 56 Madrasah Ibtidaiyah,37 Madrasah Tsanawiyah dan 16 Madrasah Aliyah. Sosialisasi dibuka Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bogor H. Sanukri.
Acara dihadiri kelompok kerja pengawas (Pokjawas), Damannuri, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MI Syamsul Anwar dan Kasi Madrasah Ade Sarmili.

“Untuk meningkatkan kualitas pendidikan Keagamaan Islam di tingkat sekolah seperti MI,MTs dan MA agar para Kepala Sekolah Madrasah  Aktif dalam pengetahuan keagamaan terutama bisa dapat menambah wawasan keagamaan Islam ataupun di luar keagamaan lainnya,” kata Sanukri.

Ditambahkan Sanukri, dibutuhkan niat serius untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang meliputi kelima mata pelajaran Al quran Hadist,Aqidah Akhlak, Fikih, Bahasa Arab,dan Sejarah Kebudayaan Islam yang berstandar nasional dalam mencapai anak berkualitas.

Kasi Madrasah Kamenag Kota Bogor Ade Sarmili menambahkan, sosialisasi dilakukan dalam rangka pembinaan terhadap Kepala Sekolah MI,Mts dan MA se-kota Bogor. UAMBN tahun 2014 sudah di depan mata.
“Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan,” ujar Ade. (yopi/yo) Berita Kemenag: Kemenag Bogor Bahas Sosialisasi UAMBN

Comments