Berita Kemenag: Kemenag Diminta Tindak Travel Umroh Ilegal Untuk Hindari Penipuan

Berita Kemenag: Kementerian Agama Diminta Tindak Travel Umroh Ilegal Untuk Hindari Penipuan.  Edward Febriyatri Kusuma - detikNews

Jakarta - Kementerian Agama didesak untuk menindak penyedia jasa visa (provider) umroh ke travel ilegal. Akibatnya banyak jemaah asal indonesia yang gagal berangkat bahkan sampai telantar di Arab Saudi.

"Hampir setiap hari selalu ditemukan jamaah yang gagal berangkat atau bahkan berangkat namun telantar di Arab Saudi, sehingga mereka tidak bisa pulang," kata Baluki Ahmad, ketua umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) dalam acara silahturahmi Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Anggito Abimanyu ke kantor Himpuh, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (13/3/2014).

Ia menuturkan, tiap bulannya tak kurang dari puluhan ribu jamaah haji asal Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci. Lantaran aksi main mata provider visa ke travel umroh tidak berizin, sebagian ada yang tidak terbang.

"Mereka mendapatkan visa umroh melalui provider visa yang tidak memeriksa kelengkapan izin umroh yang belakangan modus ini dilakukan oleh travel ilegal dalam menjual paket murah," imbuhnya.

Berita Kemenag: Kementerian Agama Diminta Tindak Travel Umroh Ilegal Untuk Hindari Penipuan.
Dalam kesempatan ini, Baluki meminta tindakan tegas dari Kemenag. Ia pun meminta untuk sistem pelaporan jamaah dilakukan secara online .

"Sehingga dapat mempermudah sistem pelaporan dan menghindari dari pratik nakal provider ke travel tidak berizin," tegasnya.

Dalam kesempatan sama, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Anggito Abimanyu mengatakan terjadi peningkatan jumlah penyedia jasa umroh dibandingkan tahun lalu. Ada beberapa dari penyedia jasa tersebut tak miliki MOU dengan Arab Saudi.

"Dalam 3 bulan terakhir ini ada 172 provider, sementara yang memiliki MoU dengan Arab Saudi hanya 108," terangnya.

Anggito mengatakan mereka yang miliki MOU dengan Arab Saudi juga memiliki perjanjian dengan kemenag. Sejauh ini sudah ada 4 provider diberi sanksi. Berita Kemenag: Kementerian Agama Diminta Tindak Travel Umroh Ilegal Untuk Hindari Penipuan.

Comments