Bimas Hindu: Menjelang Pemilu Tawur Agung Tetap Diadakan

Bimas Hindu: Menjelang Pemilu Tawur Agung Tetap Diadakan

Jakarta (DBH) – Menag Suryadharma Ali didampingi Dirjen Bimas Hindu  IBG.Yudha Triguna menerima Panitia Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi 2014 dari PHDI Pusat di Kantor Kemenag Jl. Lap. Banteng Barat, Jakarta, Rabu (12/3).
Ketua PHDI Pusat S.N. Suwisma menegaskan, acara Tawur Agung akan digelar di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, seperti tahun-tahun lalu dengan dihadiri Menteri Agama Suryadharma Ali dan sejumlah pejabat Kementerian Agama.Selain itu, Tawur Agung di Prambanan  juga akan diramaikan dengan pawai ogoh-ogoh.

“Adapun puncak hari raya Nyepi Tahun Saka 1936 jatuh  pada tanggal 31 Maret 2014 yang dirayakan oleh umat Hindu di seluruh Indonesia.”ujar Suwisma.

Yudha Triguna menegaskan“Pawai ogoh-ogoh Tawur Agung di Prambanan tetap ada. Tetapi untuk Tawur Agung di Monas, ogoh-ogoh tidakAda,”

“Itu yang membedakan pelaksanaan Tawur Agung di Jakarta dengan tahun sebelumnya, karena menjelang kampanye Pemilu 2014,” tambahnya.

Tawur Agung sendiri adalah upacara yang biasa digelar sehari sebelum Nyepi sebagai bentuk pembersihan diri dari hal jahat dan juga memohon keselarasan hidup kepada Tuhan. Upacara yang digelar di pelataran Candi Prambanan sendiri biasanya dibuka untuk umum dan melaksanakan Catur Brata dalam  ritual Hindu mengandung perintah untuk amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati lelagunan (tidak hura-hura).

Kedatangan Panitia Nasional Perayaan Hari Raya Nyepi 2014 untuk meminta kehadiran Menag pada puncak perayaan Dharma Santi Nasional pada 26 April 2014 dan menghadiri Upacara Tawur Agung di Monas.Puncak Perayaan Dharma Santi, seperti juga tahun lalu yang diselenggarakan di Cilangkap, Jakarta, akan dihadiri pula oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.(pp) Bimas Hindu: Menjelang Pemilu Tawur Agung Tetap Diadakan

Comments