Bimas Islam Kemenag: Ikrar Wakaf Massal dan Pembagian Mushaf Alquran KUA Pulau Bawean Gresik

Bimas Islam Kemenag: Ikrar Wakaf Massal dan Pembagian Mushaf Alquran KUA Pulau Bawean Gresik

Gresik, bimasislam-- Usaha menata administrasi dan pencatatan tanah wakaf perlu disosialisasikan secara intensif, khususnya di daerah terpencil,seperti pulau Bawean,Kabupaten Gresik Jawa Timur yang berjarak 130 KM dari pusat kota Gresik. Dalam rangka hal tersebut, KUA Kec. Sangkapura, Gresik,telah mencatat dan menerbitkan lebih dari40  Akta Ikrar Wakaf  (AIW) tanah wakaf.  AIW tersebut dikeluarkan terhadap harta wakaf yang lama diwakafkan namun belum terdaftar atau diikrarkan maupun tanah wakaf yang baru diwakafkan. Demikian dikatakan oleh Kepala KUA Pulau Bawean, Nashihun Amin, ketika diwawancara oleh kru bimasislam via email (3/3)

Lebih lanjut Amin menyampaikan, salah satunya Ikrar Wakaf memilikiluas sekitar 10.000 M2untuk pembangunan SMK yang akan didirikan di bawah naungan Muhammadiyah Cabang Sangkapura, Pulau Bawean. Ikrar wakaf massal telah dilaksanakan tanggal 27 Pebruari 2014, dilanjutkan dengan pembagian Mushaf Al-Qur’an Kementerian Agama secara simbolis untuk lembaga di bawah naungan Muhammadiyah, Desa Daun Kec. Sangkapura.

Sebelumnya, imbuh Amin, pada bulan yang sama,t elah dikrarkan secara masal beberapa tanah wakaf yang sebagian besar telah berdiri Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Diniyah, TPQ dan Langgar sebanyak35 bidang tanah dan didaftarkanAkta Ikrarnya di register tanah wakaf KUA yang dikoordinir oleh Nahdlatul Ulama Pulau Bawean. Menurutnya, sebagian besar tanah wakaf rata-rata500 M2.

Ini merupakan tindak lanjut MoU antara Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur pada 13 September 2013 yang lalu. MoU dibuat dalam rangka percepatan pensertifikatan tanah wakaf, tandasnya.

Mudah-mudahan setelah ini bisa ditindaklanjuti pendaftaran di Kantor Pertanahan. Meskipun kendalanya klasik, yaitu pendanaan untuk pengurusan sertifikasi tanah wakaf. Harapan kami agar pemerintah atau Kementerian terkait memberikan perhatian lebih terhadap daerah yang sulit dijangkau dan membutuhkan biaya ekstra, seperti Pulau Bawean yang harus menghadapi ombak tinggi, harapnya. (bieb/foto:mappijatim) Bimas Islam Kemenag: Ikrar Wakaf Massal dan Pembagian Mushaf Alquran KUA Pulau Bawean Gresik

Comments