Haji Kemenag: Daftar Penyakit yang Bisa Bikin Calon Haji Batal Naik Haji

Haji Kemenag: Daftar Penyakit yang Bisa Bikin Calon Haji Batal Naik Haji

    Telah Dibaca 59 kali
    Comments 0
    Jumat, 14 Maret 2014 16:36

Fitri Syarifah

Terkait hal ini, Wakil Menteri Kesehatan RI Ali Ghufron Mukti mengatakan, adalah hal yang biasa bila suatu program tidak berjalan sempurna pada awal pelaksanaannya (Liputan6.com/Rini Suhartini).
Haji Kemenag: Daftar Penyakit yang Bisa Bikin Calon Haji Batal Naik Haji

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti mengimbau calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini untuk tetap menjaga kesehatannya meskipun masih beberapa bulan lagi.

Menurut Wamenkes, perjalanan ibadah haji merupakan aktivitas fisik yang menuntut stamina fisik yang prima. Dengan demikian pemerintah wajib menyiapkan segala hal agar kesehatan jemaah haji terjaga dengan baik.

"Perlu pemeriksaan kesehatan jemaah sedini mungkin. Selain itu, perawatan, pemeliharaan dan pembinaan kesehatan merupakan rangkaian persiapan kesehatan jemaah haji.

Haji Kemenag: Daftar Penyakit yang Bisa Bikin Calon Haji Batal Naik HajiLebih lanjut, Wamenkes juga menjelaskan beberapa penyakit menular yang dianggap bisa membatalkan kondisi seseorang berangkat haji, seperti:

1. Penyakit Pes (Penyakit akibat terjangkit hewan ternak seperti sapi, domba dan kelinci. Serta hewan pengerat seperti kelinci, tupai, hamster dan tikus).

2. Penyakit Kolera (penyakit saluran pencernaan)

3. Demam kuning (infeksi virus yang menyebabkan kerusakan pada saluran hati, ginjal, jantung dan gastrointestinal atau saluran pencernaan)

4. Cacar

5. Tipes yang bercak

6. Demam berulang

Selain itu, Wamenkes juga menyebutkan penyakit lainnya yang disarankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terdapat pada calon jemaah haji, seperti:

- Tuberkulosis dengan BTA positif

- Kusta tipe multibasiler

- Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS)

- Avian Influenza

- Penyakit akibat penerbangan seperti trauma ketinggian

- Kehamilan
(Abd)  Haji Kemenag: Daftar Penyakit yang Bisa Bikin Calon Haji Batal Naik Haji

Comments