Kemenag RI: Humas Berperan Penting Dalam Reformasi Birokrasi

Kemenag RI: Humas Berperan Penting Dalam Reformasi Birokrasi

Jakarta (Pinmas) —- Humas lembaga pemerintahan dan kementerian mempunyai peran yang sangat urgen dalam mengawal program reformasi birokrasi (RB). Sebab, tujuan reformasi birokrasi adalah membangun kepercayaan masyarakat bahwa keberadaan Pemerintah dalam kerangka memberikan kesejahteraan publik.

“Peran humas sangat penting dalam Reformasi Birokrasi. Kita perlu membuat strategi bersama bagaimana reformasi birokrasi ini bisa menjadi milik masyarakat, tidak hanya menjadi milik pemerintah saja,” tegas Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo ketika menjadi Keynote Speak Seminar Bakohumas bertajuk Peran Humas Dalam Gerakan Percepatan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Selasa (11/03).

Di hadapan peserta seminar yang umumnya dari humas lembaga negara dan kementerian, Eko Prasojo mengingatkan bahwa reformasi birokrasi tidak boleh hanya diartikan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS), tapi lebih kepada upaya peningkatan kualitas layanan masyarakat. Kemenag RI: Humas Berperan Penting Dalam Reformasi Birokrasi

Dikatakan Eko, Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) sangat strategis dalam mensosialisaikan dan menggerakan reformasi birokrasi agar bisa menjadi gerakan bersama. “Kita perlu membuat strategi bersama bagaimana reformasi birokrasi ini bisa menjadi milik masyarakat dan menjadi gerakan nasional,” terang Eko Prasojo.

Sebelumnya, Ketua Bakohumas Pusat Syukri Batubara mengingatkan bahwa reformasi birokrasi agar tidak menjadi proyek pemerintah, tapi lebih dari itu bisa menjadi kesadaran dan gerakan nasional.

“Perlu ada public awareness tentang reformasi birokrasi. Humas menjadi ujung tombak dalam mensosialisasikan gerakan ini kepada masyarakat. Humas harus menjadi aktor pembentukopini publik tentang pentingnya reformasi birokrasi,” terang Syukri.

Sebagai bentuk kesadaran bersama tentang pentingnya sinergi dalam reformasi birokrasi, dalam kesempatan ini dilakukan juga penandatangan komitmen bersama untuk bersinergi dalam Gerakan Reformasi Birokrasi. (mkd/mkd) Kemenag RI: Humas Berperan Penting Dalam Reformasi Birokrasi

Comments