Kemenag RI: Irjen Harapkan Audit Berbasis Elektronik

Kemenag RI: Irjen Harapkan Audit Berbasis Elektronik

Serpong [ItjenNews] – Sudah setahun lebih Inspektorat Jenderal Kementerian Agama menerapkan audit kinerja dari model semula, audit bidang. Namun, audit kinerja selama ini belum berbasis penggunaan Information Technology (IT) secara memadai. Karena itu, ke depan diperlukan audit kinerja dengan berbasis elektronik.

Harapan tersebut disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Moch. Jasin saat memberikan arahan pembukaan kegiatan Penerbitan Buletin ItjenNews Tahap I 2014 di Hotel Soll Marina, Serpong, Rabu (12/1/2014).

“Agar memudahkan kita untuk melakukan audit, maka bagaimana audit kinerja ke depan bisa menerapkan audit secara elektronik. Kita masih pikirkan. Kalau perlu kita undang kalangan yang profesional untuk membuat sistemnya. Ini usulan bagus sehingga semua berbasis pada IT nanti,” ujar Jasin.

Menurutnya, audit berbasis data dan sistem elektronik dinilai lebih efektif, efisien dan praktis, mengingat cakupan Satuan Kerja yang bakal diaudit di lingkungan Kementerian Agama begitu luas. “Ke depan semakin banyak tuntutan. Maka sedapat mungkin kita merubah cara kerja yang konvensional menjadi yang tidak selalu konvensional. Yang tidak berbasis IT harus kita mulai pakai IT. Itu untuk menciptakan E-Governance menyangkut banyak hal,” terangnya.

Jasin berharap semua capaian kinerja selama kepemimpinannya bisa didokumentasikan dan disosialisasikan dengan baik agar dicontoh oleh seluruh Satker Kementerian Agama. “Beberapa kinerja dan upaya-upaya terobosan dalam tahun terakhir itu bisa dimasukkan dalam buletin ItjenNews. Tujuannya, mendorong Satker lain di Kementerian Agama untuk berubah menuju pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik,” harapnya.

Jasin juga berharap pola rekrutmen calon pejabat melalui Open Recruitment atau dikenal dengan Lelang Jabatan di Itjen Kemenag kelak bisa diteruskan oleh penggantinya. “Apa yang baik seperti Open Recruitment calon pejabat Itjen harus ditindaklanjuti oleh siapapun pengganti saya nanti. Kalau Irjen diganti lantas terus nggak pakai Open Recruitmen lagi, itu jangan!” pesannya. [ ] Kemenag RI: Irjen Harapkan Audit Berbasis Elektronik

Reporter   : Moh. Anshari

Redaktur   : Nurul Badruttamam

Comments