Kemenag RI: Karocan: Laporan Cerminkan Wajah Kementerian

Kemenag RI: Karocan: Laporan Cerminkan Wajah Kementerian

Jakarta (Pinmas) —- Setiap program kementerian, harus ditangani secara serius, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pada pelaporan. Tidak hanya saat perencanaan dan pelaksanaan saja, penyusunan laporan juga harus dilakukan dengan serius hingga bisa dievaluasi efektfitas pelaksanaan program. Dari laporan itulah akan tercermin wajah kementerian.

Demikian penegasan  Kepala Biro Perencanaan (Karocan) Kementerian Agama Syamsuddin dalam kegiatan Penyusunan Konsep Awal Laporan Tahunan Kementerian Agama yang diselenggarakan oleh Biro Ortala di Puncak Bogor, Jumat (14/03).

“Membuat laporan yang baik sama pentingnya dengan melaksanakan kegiatan dengan baik,” tegasnya.

Menurut Syamsuddin, akan berkurang nilai kualitas program atau kegiatan meski telah dilaksanakan dengan baik, jika tidak diikuti dengan laporan yang baik pula. Kemenag RI: Karocan: Laporan Cerminkan Wajah Kementerian

“Bagi pihak yang berkepentingan, akan menilai kita melalui laporan yang akan kita susun ini, baik atau buruk. Jangan-jangan, citra tidak baik Kementerian Agama yang berkembang selama ini, disebabkan oleh ketidakmampuan kita dalam melaporkan, bukan karena tidak melakukan kerja yang baik”, ungkap Syamsuddin di hadapan peserta kegiatan yang terdiri dari seluruh unit eselon I dan II Setjen.

Syamsuddin juga mengingatkan bahwa laporan harus disusun secara proporsional, dan tidak berlebihan. “Menyusun laporan yang baik tidak juga berarti ‘lebay’ (berlebihan – red), tetapi tidak boleh kurang juga. Proporsional saja!” tegasnya.

Selain itu, lanjut Syamsuddin, penyusunan laporan juga harus memperhatikan konsistensi, karena banyaknya laporan yang harus disusun. “Karena laporan yang harus disusun banyak, jangan sampai beda satu dan lainnya. Kita harus konsisten,” tambahnya.

“Banyak capaian kinerja kita yang monumental. Masukkan itu ke dalam laporan ini, sehingga semakin banyak orang tahu,” pesan Karocan. (roes/mkd/mkd) Kemenag RI: Karocan: Laporan Cerminkan Wajah Kementerian

Comments