Kemenag RI: Peluang Dosen PTAI Kuliah di Flinders University Australia

Kemenag RI: Peluang Dosen PTAI Kuliah di Flinders University Australia

Jakarta (Pinmas) —- Terobosan perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi Agama Islam kembali dilakukan oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama. Hari ini, Senin (10/03), Direktorat Jenderal yang bertanggung jawab penuh terhadap perkembangan kualitas pendidikan PTAI Ini  menandatangani MoU dengan Flinders University Australia di Gedung Kemenag, Jakarta.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam  dan President of Flinders University Australia  Michael Baber. Ikut menyaksikan penandatanganan ini, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dan Direktur Pendidikan Tinggi Islam Dede Rosyada.

“Penandatanganan kerjasama ini adalah salah satu bentuk kepedulian Kemenag dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya pada pengembangan dunia pendidikan Islam di Indonesia,” terang Kamaruddin Amin yang memberikan sambutan mewakili Dirjen Pendis.

Sementara itu, Dede Rosyada menambahkan bahwa kerjasama ini merupakan tindaklanjut hasil Raker Diktis pada awal Maret 2014 di Bogor untuk mewujudkan World Class University (WCU). “Beberapa program di tahun 2014 ditegaskan arahnya untuk mensupport terwujudnya PTAI yang akan diperhitungkan di dunia International,” ujar Dede Rosyada.
Kemenag RI: Peluang Dosen PTAI Kuliah di Flinders University Australia
Dede Rosyada menambahkan bahwa penandatanganan kerjasama itu terfokus pada tiga hal, yaitu: pertama, studi lanjut dalam bidang Ph.D yang relevan bagi dosen-dosen PTAI; kedua, program visiting scholare untuk menyempurnakan disertasi menjadi sebuah buku; dan ketiga, memberikan kesempatan kepada civitas akademika untuk dapat melakukan penelitian ke luar negeri dan hasilnya bisa dijadikan buku yang bisa dipublikasikan di Indonesia.

Tercakup juga dalam kerjasama ini, lanjut Dede, pendampingan penulisan jurnal internasional bagi dosen-dosen PTAI di Indonesia. Dikatakan Dede bahwa di Indonesia jurnal PTAI yang sudah mendapat predikat internasional baru jurnal Al Jami’ah di UIN Sunan Kalijaga.

Dalam sambutan singkatnya, President of Flinders University Australia  Michael Baber mendukung kerjasama ini dalam upaya pengembangan SDM dunia pendidikan Islam di Indonesia. (Arief/mkd/mkd)Kemenag RI: Peluang Dosen PTAI Kuliah di Flinders University Australia

Comments