Kemenag Gorontalo: Mantapkan Pendayagunaan Zakat

Kemenag Gorontalo: Mantapkan Pendayagunaan Zakat

GORONTALO (Humas) – Zakat merupakan ibadah yang memiliki dampak social secara langsung. Sehingga diperlukan sistem pengelolaan serta strategis pendayagunaan yang lebih baik, agar manfaatnya dapat dirasakan para mustahik. Sejalan hal itu, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Gorontalo terus memantapkan pendayagunaan zakat. Diantaranya melalui seminar strategi pendayagunaan zakat, Jumat (28/3) di Hotel Megazanur.

Seminar tersebut kata Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Hj.Nangsi Zakaria, bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan pengurus Badan Amil Zakat (Bazda) dalam penggunaan zakat. Disamping itu mendorong para amil zakat agar dapat bekerja secara lebih sungguh-sungguh, amanah dan transfaran sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengelola zakat. Seminar diikuti pengurus UPZ dan pengurus Bazda Provinsi / Kabupaten / Kota Gorontalo. Narasumber yang dihadirkan Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo DR.H.Muhajirin Yanis, M.Pd.I, Kabid Bimas Islam DR.Sabara K. Ngou, M.Pd.I, Ketua Lazis NU Prov. Gorontalo DR.Hamdan Ladiku,M.Pd, serta Kepala Bidang Keagamaan Biro PP-Kesra Prov. Gorontalo Muhamad Bakari, S.Ag.

Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo H.Muhajirin Yanis ketika membuka Seminat tersebut mengatakan, tujuan pengelolaan zakat untuk meningkatkan efektivitas dan efiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat. Termasuk meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. “Adapun kebijakan pendayagunaan zakat diantaranya standarisasi lembaga zakat yang amanah dan professional untuk mewujudkan kepercayaan public,” ungkap Muhajirin Yanis.
Kemenag Gorontalo: Mantapkan Pendayagunaan Zakat
Selain itu lanjut Muhajirin, mengoptimalisasi pemberdayaan lembaga melalui peningkatan kualitas amil, pengembangan manajemen lembaga, dan penguatan kerjasama dan sinergi antar lembaga zakat. Edukasi bagi muzaki dan atau dunia usaha agar berperan aktif dalam penaggulangan kemiskinan juga perlu dilakukan.

“Kebijakan lainnya advokasi aktif kepada masyarakat msikin untuk memanfaatkan dana zakat dengan sebaik-baiknya, serta pendayagunaan zakat yang memberi manfaat sebesar-besarnya dalam penanganan kemiskinan dan peningkatan kualitas umat,” tutup Muhajirin. (GP) Kemenag Gorontalo: Mantapkan Pendayagunaan Zakat
 

Comments