Kemenag Gorontalo: Rakerda Wujudkan Aparatur Profesional-Amanah

Kemenag Gorontalo: Rakerda Wujudkan Aparatur Profesional-Amanah

GORONTALO (Humas) – Peningkatan Profesionalisme aparatur tak henti-hentinya dilakukan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo. Hal itu sebagaimana ditunjukkan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2014, selasa-kamis (4-6/4), di Ball Room Grand Q Hotel Kota Gorontalo. Rakerda yang dibuka Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, DR.H. Mahsusi, MA, itu dihadiri sejumlah pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo dan Kakan Kemenag Kabupaten / Kota.

Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, DR.H. Mahsusi, MA, dalam arahannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan Rakerda tersebut. Ia menekankan pentingnya membangun budaya disiplin dalam rangka mewujudkan aparatur Kementerian Agama yang professional dan amanah. Disiplin dimaksud adalah disiplin waktu, disiplin melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta disiplin dalam menegakkan aturan. “ Pembinaan Disiplin menjadi penting untuk mewujudkan aparatur yang handal, profesional, bermoral dan amanah,” ujar Mahsusi.

Lebih lanjut kata Mahsusi,  Kementerian Agama juga terus mendorong peningkatan kinerja aparatur yang lebih produktif berdasarkan sistem karier dan sistem prestasi kerja. Dengan menerapkan Sasaran Kerja Pegawai (SKP)  dan Perilaku kerja sebagai standar penilaian prestasi kerja. Disisi lain Kemenag juga terus mewujudkan SDM yang berkualitas melalui rekruitmen pegawai yang obyektif, transfaran dan terbuka. “Insya Allah pelaksanaan Rakerda ini akan memberikan esensi untuk membangun citra Kementerian Agama di masyarakat pada umum,” harapnya.
Kemenag Gorontalo: Rakerda Wujudkan Aparatur Profesional-Amanah
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Gorontalo H.Muhajirin Yanis mengungkapkan, secara subtansial Rakerda merupakan penjabaran visi dan misi Kemenag yang tertuang dalam kebijakan rencana strategis tahun 2009-2014. Forum ini dipandang perlu sebagai wadah dan wahana untuk melakukan evaluasi terhadap program yang dilakukan sebelumnya, serta upaya menyamakan presepsi, komitmen dan langkah kerja dalam upaya meningkatkan Kinerja Kanwil Kemenag Prov. Gorontalo. Karena itu, diharapkan Rakerda ini dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi yang bermuara pada pemantapan dan penajaman program dimasa yang akan dating.

Senada dengan itu, Ketua Panitia Hj. Fitriyani Humokor melaporkan, pelaksanaan Rakerda merupakan bentuk evaluasi Rencana Startegis (Restra), evaluasi pelaksanaan program dana anggaran tahun sebelumnya, serta wahana untuk membahas berbagai hal yang berkaitan dengan isu-isu actual yang menjadi tanggung jawab Kementerian Agama dibidang peningkatan kualitas kehidupan beragama, kerukunan umat beragama, pendidikan agama dan keagamaan, penyelenggaraan ibadah haji dan umrah seta tata kelola pemerintahan.

Sementara itu, penutupan kegiatan Rakerda diwarnai dengan melauncing Desa Binaan Bimas Islam Kanwil Kemenag Gorontalo mengatakan. Penutupan dan launcing ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Prof. DR. H. Abdil Djamil, MA. Didampingi Kakanwil Kemenag Prov. Gorontalo H. Muhajirin Yanis dan Sekda Bone Bolango H. Sukri Botutihe. (mail) Kemenag Gorontalo: Rakerda Wujudkan Aparatur Profesional-Amanah

Comments