Kemenag Haji: Berangkat Haji Melalui Jalur Haji Plus,

Kemenag Haji: Berangkat Haji Melalui Jalur Haji Plus,
Tak Miliki Data, Kemenag Rohil Tidak Bisa Pantau Warganya


Kemenag Rohil mengaku tak bisa memantau warganya yang memilih berangkat haji dengan menggunakan jalur haji plus. Pasalnya, datanya tidak disampaikan ke Kemenag.

Riauterkini-BAGANSIAPIAPI-Kantor Kementrian Agama (kemenag) Kabupaten Rokan Hilir tidak bisa memantau warganya yang naik haji menggunakan jalur Haji Plus. Pasalnya, yang bersangkutan langsung mendaftar melalui biro travel haji dan umroh yang sudah mendapat hak legalitas.

Kondisi itu dibeberkan Kepala Kantor Kemenag Rohil Agustiar, Jumat (28/3/14) di gedung serbaguna Bagansiapiapi. "Data untuk haji plus, tidak sampai ke kita, kita kurang bisa memantau, berapa jumlah haji plus, yang ada di Kabupaten Rokan Hilir," bebernya.

"Karena mereka mendaftar melalui biro travel haji dan umroh yang sudah mendapat hak legalitas menerima pendaftaran haji plus itu," katanya lagi.


Haji plus ini katanya, jika mendaftar sekarang, keberangkatan sekitar tahun 2019 atau tahun 2020. "Kita mendaftar sekarang, sekitar tahun 2019, atau 2020, bisa terjadi, apalagi terjadinya pengurangan 20 persen sampai tahun 2016. Bisa saja tahun 2020," katanya memprediksi.

Namun berbeda dengan haji reguler, yang langsung pendaftaran di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Rokan Hilir. "Melalui sistem komputerisasi haji terpadu, kami bisa memantau setiap waktu, karena datanya ada di Siskohaj kami," timpalnya.

Dan yang terpantau untuk haji reguler ini, sudah 134 orang calon jemaah haji Rokan Hilir yang bakal berangkat tahun 2014 ini.

Kemenag Haji: Berangkat Haji Melalui Jalur Haji Plus,
Tak Miliki Data, Kemenag Rohil Tidak Bisa Pantau Warganya

Namun besar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) belum bisa diketahui, karena harus menunggu Peraturan Presiden tentang besaran biaya pelunasannya.

Dan apabila Peraturan Presiden ini telah keluar nanti, pihaknya akan menyebarkan informasi kepada masyarakat melalui media massa.

"Yang penting calon jemaah haji yang insya Allah akan diberangkatkan tahun ini, mereka sudah punya persiapan, ketika nanti pengumuman pelunasan itu, sudah diumumkan secara resmi, jadi mereka tidak terlalu kelabakan," katanya.***(nop) Kemenag Haji: Berangkat Haji Melalui Jalur Haji Plus,
Tak Miliki Data, Kemenag Rohil Tidak Bisa Pantau Warganya

Comments