Kemenag Haji: Ingin Naik Haji, Antre 13 Tahun

Kemenag Haji: Ingin Naik Haji, Antre 13 Tahun

Tahun Ini Berangkat Nomor 42.362-45.961

Padang Ekspres • Rabu, 02/04/2014 11:38 WIB • Redaksi • 149 klik

Padang, Padek—Masyarakat Sumbar yang ingin menunaikan ibadah haji mesti harus banyak bersabar. Pasalnya, masa antrean keberangkatan haji kian panjang. Jika para calon jamaah haji mendaftar tahun ini, maka mereka dapat kursi untuk bisa berangkat ke Tanah Suci tahun 2027.



”Kuota haji untuk Sumbar sudah terisi sampai tahun 2026. Artinya, masa tunggu para calon jamaah haji untuk menunaikan ibadah haji mencapai 13 tahun. Jika seorang calon jamaah haji mendaftar hari ini maka mereka baru bisa berangkat tahun 2027,” kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar, Syamsuir.



Menurutnya, penyebab kian panjangnya antrean ini disebabkan tingginya minat masyarakat menunaikan rukun Islam kelima, sementara kuota dikurangi oleh Pemerintah Arab Saudi karena sedang renovasi Masjidil Haram.


Biasanya setiap tahun Sumbar selalu memberangkatkan calon jamaah haji 4.318 orang. Namun setelah adanya kebijakan pengurangan kuota haji 20 persen, maka calon jamaah haji Sumbar yang berangkat menjadi 3.599 orang.

 Kemenag Haji: Ingin Naik Haji, Antre 13 Tahun

Kuota tersebut telah ditentukan pemerintah pusat. Kemenag Sumbar tidak memiliki kewenangan untuk menambah ataupun mengurangi kuota haji tersebut. “Tapi di balik itu semua, kita bersyukur bahwa tingginya minat menunaikan ibadah haji menandakan ekonomi masyarakat kita sudah membaik dan kesadaran kita untuk berhaji sudah cukup tinggi,” ungkap Syamsuir.



Agar antrean ini tidak kian panjang, ia mengimbau masyarakat yang sudah pernah menunaikan ibadah haji agar tidak lagi ngotot untuk pergi berhaji kembali. ”Berikanlah kesempatan kepada orang lain yang belum menunaikan ibadah haji,” imbaunya.



Sekadar diketahui, pada musim haji tahun ini, Sumbar akan memberangkatkan calon jamaah haji 3.599 orang. Dengan nomor porsi mulai dari 42.362 sampai 45.961. Jumlah tersebut telah termasuk calon haji yang batal berangkat tahun 2013.



Menurut jadwal, kloter I akan diberangkatkan 1 September 2014 dan masuk asrama haji Tabing Padang pada 31 Agustus 2014. Untuk Embarkasi Padang sendiri terdiri dari 19 kloter yang berasal dari Sumbar, Bengkulu dan sebagian Jambi. (eri)

Kemenag Haji: Ingin Naik Haji, Antre 13 Tahun [ Red/Administrator ]

Comments