Kemenag Maluku: Jumlah Peserta UAMBN MA Kab. Buru Bertahap Meningkat

Kemenag Maluku: Jumlah Peserta UAMBN MA Kab. Buru Bertahap Meningkat

Kemenag Buru__Kurang lebih 98 siswa Madrasah Aliyah (MA) swasta melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di kabupaten Buru. Memang jumlah yang sangat sedikit namun itulah kondisi yang terjadi di kabupaten Buru.

Namun hal itu tidak menyurut semangat dan antusias para aparatur lembaga pendidikan madrasah dalam memberikan motivasi dan dukungan terhadap para siswanya.Hal itu terbukti saat kepala MAS Al Hilaal Namlea, Moh. Tomia memberikan sambutan yang disampaikan saat pembukaan UAMBN dan UAS di MAS Al Hilaal, senin (10/03).

Kemenag Maluku: Jumlah Peserta UAMBN MA Kab. Buru Bertahap MeningkatMadrasah tersebut berfungsi sebagai sub rayon dengan membawahi tiga (3) madrasah di kabupaten Buru, antara lain  MA Uswatun Hasanah Lala 17 orang, MA Daarul Arqom Waenetat  15 orang, MA LKMD Batu Jungku 27 orang dan Mas Al Hilaal sendiri berjumlah 39 orang.  Bila dibandingkan pada tahun ajaran 2012/2013, jumlah peserta UAMBN hanya berjumlah 92 orang. Pada tahun ajaran 2013/2014 terjadi penaikan sejumlah 98 orang. Memang terjadi penaikan jumlah yang cukup kecil, namuan bagi Moh. Tomia selaku ketua Sub Rayon, jumlah tersebut telah membuktikan bahwa penaikan tersebut menunjukkan bahwa minat masyarakat pada pendidikan di madrasah semakin meningkat dan tanpa disadari penilaian buruk masyarakat tentang lembaga madrasah kian berkurang. “Peningkatan ini semakin memberi peluang dan perkembangan ke arah yang lebih baik bagi madarasah kami.” ungkap Moh. Tomia.Dalam kesempatan yang sama, ka kantor kementerian Agama Kab. Buru  dalam hal ini diwakili oleh ka. Sub Bag. Tata Usaha, Raihani Tasidjawa mengungkapkan jumlah peserta ujian yang kian meningkat tersebut harus terus dipertahankan. Ia mengharapkan selanjutnya pihak madarasah terus giat dalam mengsosialisasikan keberadaan dan kemajuan yang terjadi di madrasah tersebut. Ia berharap ujian yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang telah diberlakukan sehingga hasilnya pun akan baik.

Selain itu sebagai madarasah sub rayon di Kab. Buru dapat mencapai kelulusan 100%.UAMBN dan UAS yang dilaksanakan selama 9 hari sejak hari Senin, 10 Maret s/d 19 Maret 2014 tersebut kiranya dapat memberikan hasil yang terbaik. “MAS Al Hilaal yang berfungsi sebagai sub rayon madrasah di Kab. Buru dan satu-satunya madrasah yang berada di kota namlea, bisa menjadi ukuran terbaik bagi madrasah lainnya.” ungkap Tasidjawa optimis. (hms-ifh) Kemenag Maluku: Jumlah Peserta UAMBN MA Kab. Buru Bertahap Meningkat

Comments