KEMENAG MALUKU: LAUNCHING WEBSITE DAN PERESMIAN DAFTAR HAJI MELALUI SISKOHAT KEMENAG BURU

KEMENAG MALUKU: LAUNCHING WEBSITE DAN PERESMIAN DAFTAR HAJI MELALUI SISKOHAT KEMENAG BURU

Kemenag Buru – Keberadaan website resmi kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, burukemenag.go.id selain berfungsi sebagai pencitraan lembaga/instansi, juga berfungsi sebagai penyajian data dan publikasi tentang aturan-aturan hukum dan program-program kegiatan kantor Kementerian agama Kabupaten Buru.Demikian yang disampaikan oleh kepala Kantor Kemenag Kab. Buru, Taslim Tuasikal, S.Ag saat memberikan sambutan dalam acara Launching website dan peresmian pendaftaran haji secara online melalui SISKOHAT (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu), Selasa (18/02) yang berlangsung di halaman kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru.

Selain menjadi tuntutan zaman modernisasi yang berbasis teknologi tentu menuntut kita untuk lebih kreatif dan aktif. Tak ayal jika Kemenag Kab. Buru pun berinisiatif untuk menghadirkan website sebagai bagian dari pelayanan informasi kepada masyarakat. “Langkah nyata ini merupakan wujud kepedulian Kemenag Kab. Buru dalam memberikan akses informasi melalui media teknologi internet kepada masyarakat dari berbagai kalangan.” Ungkap Taslim bahagia. Ini juga merupakan bagian dari usaha pemenuhan pelayanan prima kepada masyarakat, lanjutnya.Tidak sebatas itu saja, usaha pelayanan prima yang dilakukan oleh Kementerian Agama juga terfokus pada masalah penyelenggaraan ibadah haji. Saat ini pendaftaran ibadah haji dapat dilakukan secara online melalui SISKOHAT.

Aplikasi yang berbasis web ini diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat, yakni adanya rasa keadilan dalam pemberlakuan keberangkatan calon jemaah haji, tidak lagi ada perseteruan yang melahirkan sikap irihati dan pilih kasih. Selain itu melalui program ini akan mempermudah manajemen penyelenggaraan ibadah haji. Keinginan yang sama disampaikan oleh Sekda Kab. Buru, Drs. A.A Soulissa, yang hadir kala itu. “Keberadaan website dan pendaftaran haji secara online melalui SISKOHAT diharapkan dapat memenuhi  cita-cita kita sebagai aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima dapat kita wujudkan.” harapnya.
KEMENAG MALUKU: LAUNCHING WEBSITE DAN PERESMIAN DAFTAR HAJI MELALUI SISKOHAT KEMENAG BURU
Saat ini penyelenggaraan haji menjadi program unggulan pertama Kementerian Agama karena penyelenggaraan ibadah haji merupakan salah satu tugas kemenag yang paling banyak mendapat sorotan publik, bahkan informasinya akan menjadi target penyelidikan KPK. Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Prof DR, Khalik Latuconsina dalam sambutannya menjelaskan bahwa masalah pendaftaran Haji menjadi program unggulan yang dikenal dengan istilah Quic Wins dalam fokus peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satu program unggulan, penyelenggaraan haji  melalui pendaftaran haji online kiranya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik lagi. “Kami berharap pelayanan pendaftaran online ibadah haji yang dilakukan melalui program SISKOHAT akan lebih baik lagi.”harapnya. Langkah nyata Kementerian Agama RI dalam menjawab berbagai dinamika yang terjadi di masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dikenal cepat, mudah, terpadu dan modern ini juga mendapat apresiasi positif dari Pemda Kab. Buru.

Hal ini disampaikan dalam pidato Bupati Kab. Buru yang dibacakan oleh Sekda Kab. Buru, A.A. Soulissa, SE, MKK saat pelaksanaan Launching. “Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Kemenag kab. Buru atas launching website dan peresmian SISKOHAT ini.” sanjungnya. Menurutnya, perubahan  era globalisasi yang terjadi saat ini telah membawa dampak pada perubahan lingkungan strategik serta perkembangan di berbagai bidang termasuk perkembangan pemanfaatan information and communication technology atau ICT, mendorong semua pihak untuk melakukan antisipasi paradigma baru dengan upaya peningkatan pelayanan informasi kepada semua pihak menuju ke arah terwujudnya masyarakat informasi.Merujuk pada Undang-Undang No 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji yang menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji dan hal lain-lain yang diperlukan jamaah haji. Maka sebagai bentuk pelayanan awal dari seluruh proses haji oleh Kemenag, tentu pelayanan informasi dan administrasi yang terpadu merupakan hal mutlak yang dibutuhkan dalam mendukung Undang-Undang tersebut.Keberadaan website sangat mendukung kelancaran pelayanan informasi bagi masyarakat, olehnya itu kepastian bagi para calon jemaah haji terkait proses pendaftaran haji, jumlah daftar tunggu, tahun keberangkatan calon jemaah haji dapat diipublikasikan secara transparan.

Jumlah pendapatan ekonomi masyarakat Kab. Buru yang kian meningkat setiap tahunnya tentu akan berbanding lurus dengan minat dan niat mereka untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu, yakni menunaikan ibadah haji. Dengan demikian penetapan kuota haji bagi kab. Buru kiranya dapat bertambah. Harapan ini disampaikan oleh Sekda Kab. Buru kepada Kepala Kanwil yang hadir kala itu. Menurutnya, kuota jamaah calon jamaah haji yang telah ditetapkan masih harus terbagi dengan Kab. Buru Selatan. “Kami berharap agar Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dapat memberikan tambahan kuota calon jemaah haji kepada Kab. Buru. Pasalnya kami harus membagi dengan Kab. Buru Selatan, menyebabkan panjangnya daftar tunggu seorang jamaaah haji hingga 12 tahun untuk dapat menunaikan ibadah haji.” Ungkapnya.

Salah satu aparesiasi dan sanjungan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten Buru hingga saat ini adalah kepedulian mereka memberikan subsidi kepada para calon jemaah haji  untuk membiayai embarkasi Hasunuddin makassar baik saat keberangkatan maupun kepulangan. Acara Launching website diakhiri dengan pemukulan tipa oleh Sekda, Kab. Buru, A.A. Soulissa, SE, MKK dan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya daftar haji online melalui SISKOHAT yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provmal, Ka.Bag TU, Drs. H. Zain Kaisupy, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Abd Rahman Tubaka, S.Sos dan seluruh SKPD yang hadir kala itu. (hms_ifh) KEMENAG MALUKU: LAUNCHING WEBSITE DAN PERESMIAN DAFTAR HAJI MELALUI SISKOHAT KEMENAG BURU

Comments