Kemenag RI: Sekjen: Kemenag Sepakati Kerjasama dengan BTN

Kemenag RI: Sekjen: Kemenag Sepakati Kerjasama dengan BTN

Jakarta (Pinmas) —- Kementerian Agama RI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Gedung Kemenag Lapangan Banteng, Selasa (01/04). Penandatanganan ini dilakukan oleh Sekjen Kemenag Bahrul Hayat dengan Managing Director BTN, Irman Alvian Zahiruddin.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU tersebut, seluruh Ka-Biro dan Kapus di Lingkungan Setjen, Sesditjen Bimas Islam, Sesditjen Bimas Katolik, dan Sesditjen Bimas Kristen.

Menurut Bahrul, dengan ditandanganinya MoU antara Kemenag dengan BTN ini, maka Kemenag dalam berbagai urusan keuangan, telah bekerja sama dengan empat Bank BUMN. Sebelumnya, Kemenag telah bekerja sama dengan BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

MoU ini meliputi penyaluran dana APBN pada Satker Kemenag di Provinsi, pembayaran gaji PNS, distribusi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dana Bantuan Siswa Berprestrasi (BSB), pemberian fasilitas kredit Batara, KPR, KPH, Kredit agunan rumah, kredit renovasi rumah, kredit modal kerja, kredit untuk koperasi, kredit investasi, untuk tabungan, investasi berbunga tinggi dan bebagai fasilitas perbankkan lainnya.

BTN adalah bank BUMN yang telah ditunjuk sebagai Bank Operasional Satu dan Bank Operasional Dua oleh Kemenkeu. Karenanya, Kemenag dapat bekerja sama dengan BTN untuk menyalurkan dana bantuan ke 4.476 Satker-nya yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Kemenag RI: Sekjen: Kemenag Sepakati Kerjasama dengan BTN

Dengan kesepakatan kerjasama ini, BTN mempunyai hak yang sama dengan bank lainnya yang lebih dulu menjalin kerjasama dengan Kemenag. “BTN mempunyai hak yang sama dengan tiga bank lainnya untuk bekerja sama dengan Kemenag. Oleh karena itu, silahkan berdamai dengan bank BUMN lain, atau silahkan berbagi kerjaan,” ungkap Bahrul disambut tepuk tangan hadirin.

“Harapan saya, kerja sama ini mampu menguatkan tata kelola yang lebih baik bagi Kemenag, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan, baik dari APBN maupun non APBN yang dikelola institusi Kemenag. Juga agar mampu lebih cepat dan efisien,” tambah Bahrul.

Bahrul menambahkan bahwa Kemenag juga mengelola uang yang sangat besar yang bersumber dari non keuangan negara. “Kita mengelola dana haji, wakaf, dan zakat. Semuanya non APBN. Dana Haji saja mencapai 65 Triliun lebih. Nah, silahkan, BTN mau mengambil pasar yang mana. Bagi kami, asal memberi manfaat, kami persilahkan BTN untuk bekerja sama dengan keluarga besar Kemenag,” imbuh Bahrul.

Diinformasikan juga oleh Bahrul bahwa Kemenag mempunyai PNS terbanyak di luar TNI/POLRI, yakni 224 ribu lebih. “Kemenag juga mempunyai 500 ribu lebih pegawai non PNS. Hal ini belum ditambah dengan 97 ribu lebih tenaga penghulu non PNS. Jutaan dana bantuan dan lain sebagainya. Silahkan, jika BTN hendak berpartisipasi dalam pengelolaan dana dan penyaluran. Semoga MoU ini memberi manfaat bagi karyawan dan pegawai Kemenag, di samping memberi nilai lebih untuk BTN” harap Bahrul. (g-penk/mkd/mkd) Kemenag RI: Sekjen: Kemenag Sepakati Kerjasama dengan BTN

Comments