Kemenag RI: Sosialisasikan Pemilu, Kemenag Akan Kumpulkan Forum Umat Beragama

Kemenag RI: Sosialisasikan Pemilu, Kemenag Akan Kumpulkan Forum Umat Beragama
Ilustrasi Pemilu 2014
Ilustrasi Pemilu 2014 (sumber: Istimewa)

Jakarta - Sekretaris Jenderal Kementrian Agama (Kemenag), Bahrul Hayat mengungkapkan rencana lembaganya untuk mengumpulkan seluruh forum umat beragama. Rencana ini dibuat sebagai upaya untuk mensukseskan pemilu  agar bisa berlangsung damai.

"Insya Allah, kami akan mengundang tokoh lintas agama untuk menyuarakan pemilu kredible dan aman. Kemenag memang punya beberapa sasaran untuk memperluas sosialisasi KPU baik lingkup pendidikan dari bawah dari taman kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi (PT). Kita punya lembaga pendikan formal capai 6.000 dan 27 ribu pesantren dan sampaikan ini ke seluruh forum agama, dan ormas keagamaan bisa sukseskan pemilu," ujarnya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (27/3).

Seperti diketahui, KPU hari ini (27/3) menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Kempora serta Kemenag.

Nota kesepahaman antara KPU dengan Kemenag bertujuan untuk meningkatkan kesadaran politik siswa, mahasiswa, peserta didik, guru den, tokoh/pemuka agama, dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu tahun 2014.
Kemenag RI: Sosialisasikan Pemilu, Kemenag Akan Kumpulkan Forum Umat Beragama
Ketua KPU, Husni Kamil Manik, mengatakan, KPU berharap agar dapat turut serta dalam mensosialisasikan pemilu tahun 2014 melalui program pendidikan, pembinaan dan penyuluhan keagamaan pada lembaga pendidikan agama dan keagamaan, lembaga sosial keagamaan dan organisasi kemasyarakatan keagamaan.

"Nota kesepahaman dengan Kemenag ini meliputi sosialisasi dan edukasi pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD serta pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2014 bagi siswa, mahasiswa, peserta didik, guru, dosen, tokoh/pemuka agama, dan masyarakat melalui pertemuan, media cetak, media elektronik, media online dan kegiatan lainnya yang disepakati,"tambahnya.

Suara Pembaruan

Penulis: A-25/CAH

Sumber:Suara Pembaruan Kemenag RI: Sosialisasikan Pemilu, Kemenag Akan Kumpulkan Forum Umat Beragama

Comments