Kemenag Sulut: Adipati Buka Kegiatan Workshop Sosialisasi Program BOS Tahun 2014

Kemenag Sulut: Adipati Buka Kegiatan Workshop Sosialisasi Program BOS Tahun 2014

Tahuna, Bertempat di Hotel Bintang Utara Tahuna Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe Sutarji Adipati S.Pd.I, Kamis (3/4/2014) membuka kegiatan sosialisasi program BOS tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dalam sambutannya Adipati menyampaikan bahwa Kegiatan Sosialisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS)dilaksanakan setiap tahun, Adipati mengharapkan kiranya hasil dari pelaksanaan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengelolaan BOS dengan baik sesuai buku petunjuk pengelolaan bos, baik ditingkat MI, MTs dan MA.

Dusampaikan pula bahwa pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ini sebagai wujud tanggung jawab pemerintah untuk melaksanakan amanat UUD 1945 dan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa sistem Pendidikan Nasional harus mampuh menjamin pemerataan kesempatan pendidikan dan peningkatan mutu serta relevansi pendidikan untuk menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global. Ujar Adipati.
Kemenag Sulut: Adipati Buka Kegiatan Workshop Sosialisasi Program BOS Tahun 2014
Adipati juga menambahkan bahwa pelaksanaan program MA/sederajat adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat terutama yang tidak mampu secara ekonomi untuk mendapatkan layanan pendidikan menengah yang terjangkau dan bermutu. Dan untuk mencapai tujuan program wajib belajar 12 tahun tersebut, pemerintah telah menyiapkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang akan disalurkan kepada SMA/SMK/MA sederajat negeri dan swasta di seluruh indonesia. tujuan digulirkannya program rintisan bos-ma ini adalah secara bertahap membantu siswa miskin memenuhi kebutuhan biaya pendidikan dalam rangka wajib belajar 12 tahun.

Bantuan BOS pada MI,MTs dan MA adalah program pemerintah berupa pemberian dana langsung kepada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan menengah yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa pada masing- masing madrasah.

Bantuan BOS pada madrasah digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah non operasionalia dengan jenis pengeluaran atau biaya sebagaimana diatur permendiknas nomor 69 tahun 2009. namun demikian ada beberapa jenis pembiayaan infestasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. Ujar Adipati.

Kegiatan sosialisasi program bos ini dihadiri oleh Kepala Madrasah dan bendaharan baik di MI, MTs dan MA yang ada dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kepl. Sangihe. (chr) Kemenag Sulut: Adipati Buka Kegiatan Workshop Sosialisasi Program BOS Tahun 2014

Comments