Gambaran Umum Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP)

Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau
Alpian, S.E., M.Ak., Ak. Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau
Kemenag Kab. Karimun - Sebagai amanat dari Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara bahwa instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah di minta untuk menerapkan SAP berbasis akrual. Sedangkan dalam PP No. 71/2010 disebutkan SAP berbasis akrual dilaksanakan empat tahun setelah tahun 2010, yang artinya harus dilaksanakan pada 2015. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Alpian, S.E., M.Ak., Ak. Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau
"Sistem laporan keuangan berbasis akrual ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Dalam pasal 4 ayat 1 Pemerintah menerapkan standar akuntansi pemerintahan (SAP) berbasis akrual. SAP berbasis akrual adalah SAP yang mengakui pendapatan, beban, aset, utang, dan ekuitas dalam pelaporan finansial berbasis akrual, serta mengakui pendapatan, belanja, dan pembiayaan dalam pelaporan pelaksanaan anggaran berdasarkan basis yang ditetapkan dalam APBN/APBD. SAP ini disusun oleh Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP)"

Lebih lanjut Alpian, menjelaskan bahwa SAP Berbasis Akrual pada Lampiran I berisi Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintah dan 12 PSAP berlaku sepenuhnya paling lambat  TA 2015 sedangkan SAP Berbasis Kas Menuju Akrual pada Lampiran II berisi Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintah dan 11 PSAP tidak berlaku mulai TA 2015.

"Konsepsi Basis Akrual ini adalah suatu basis akuntansi di mana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan. Pendapatan diakui pada saat hak telah diperoleh (earned) dan beban (belanja) diakui pada saat kewajiban timbul atau sumber daya dikonsumsi." lanjut Alpian.

Alpian, S.E., M.Ak., Ak. juga menjelaskan manfaat dari Akutansi Berbasis Akrual ini, yakni :
  • Memberikan gambaran yang utuh atas posisi keuangan pemerintah
  • Menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah
  • Bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan, efisiensi, dan pencapaian tujuan
Adapun Komponen Laporan Keuangan SAP Akrual ini terdiri dari:
  • Laporan Realisasi Anggaran
  • Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih/SAL
  • Neraca
  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Operasional
  • Laporan Perubahan Ekuitas
  • Catatan atas Laporan Keuangan.

Comments