Drs. Riadul Afkar: 49 Guru PAI di Karimun Lulus Sertifikasi 2013

Drs. Riadul Afkar: 49 Guru PAI di Karimun Lulus Sertifikasi 2013
Kemenag Kab. Karimun – 49 Guru PAI di Kabupaten Karimun dinyatakan lulus Sertifikasi 2013, hal ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 3506 Tahun 2014 Tentang Penetapan Guru Profesional Dalam Binaan Direktorat Pendidikan Agama Islam (Lulus Sertifikasi Tahun 2013) tertanggal 24 Juni 2014.

“Alhamdulillah ya, dari 205 nama yang lulus sertifikasi tahun 2013, dari Kabupaten Karimun sebanyak 49 Guru PAI yang dinyatakan lulus.” Ungkap Drs. Riadul Afkar saat ditemui hari ini di ruang kerjanya, Jumat (11/7/2014).

Nama-nama guru yang tercantum dalam lampiran Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 3506 Tahun 2014 tersebut merupakan yang telah mengikuti dan dinyatakan lulus uji sertifikasi tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi/Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (PT/LPTK) yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“Nama-nama guru sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 3506 Tahun 2014 tersebut  adalah mereka yang dinyatakan telah lulus sertifikasi dan berhak mendapat Nomor Registrasi Guru (NRG) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pernyataan yang bersangkutan telah tercatat/diakui sebagai guru professional.” tambah Drs. Riadul Afkar.

Untuk dimaklumi bahwa perolehan NRG (Nomor Registrasi Guru) tersebut menjadi prasyarat untuk mengurus proses penerimaan tunjangan profesi guru dari KementerianAgama.

“Dan mereka yang tercantum dalam Keputusan tersebut selain dinyatakan sebagai guru yang telah memiliki sertifikat pendidik dan NRG, juga dinyatakan sebagai guru profesional dalam Binaan Direktorat Pendidikan Agama Islam yang lulus sertifikasi tahun 2013. Dan mereka berhak menerima tunjangan profesi guru dari Kementerian Agama.” Tutup Riadul Afkar.

Sementara itu pelaksanaan pembayaran tunjangan profesi guru/pengawas harus berpedoman kepada Keputusan Menteri Agama RI Nomor 73 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Profesi dan Bantuan Tunjangan Profesi Guru/Pengawas dalam Binaan Kementerian Agama. Adapun anggaran tunjangan profesi guru/pengawas dibebankan pada APBN sebagaimana tercantum dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran [DIPA] Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Comments