17 UMKM Penerima Bantuan Sertifikasi Halal Diminta Segera Melengkapi Persyaratan

Karimun (Humas) – 17 Usaha Mikro Kecil Menengah  (UMKM) di Kabupaten Karimun yang menerima bantuan pemrosesan Sertifikasi Halal diminta untuk segera melengkapi persyaratan administrasi. Hal ini disampaikan oleh Kasi Bimas Islam H. Kholif saat ditemui hari ini, Jumat (15/9/2017).

“Kita minta mereka segera melengkapi berkas persyaratan, senin ini sudah harus diserahkan kepada kita, karena berkas tersebut akan segera kita kirim ke LPPOM MUI Provinsi Kepri untuk pengajuan sertifikasi halal.” Ungkap H. Kholif.

Selanjutnya H. Kholif mengatakan bahwa diupayakan dalam bulan  ini tim auditor dari LPPOM-MUI sudah turun untuk melakukan audit kepada 17 UMKM tersebut. Ketujuh belas UMKM tersebut merupakan usaha industri rumah tangga, seperti rumah makan, katering, makanan roti dan minuman. 

Sebelumnya kemarin, Kamis (14/9/2017) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam sudah memberikan penjelasan kepada 17 pemilik UMKM tersebut tentang beberapa berkas persyaratan yang harus dilengkapi dalam pengurusan sertifikat halal yang biaya pengurusan Sertifikasi Halalnya ditanggung oleh Kementerian Agama.

“Ke tujuh belas UMKM ini akan dibantu proses sertifikasinya oleh Kementerian Agama, 5 UMKM dibantu biaya sertifikasinya oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kepri dan 12 UMKM  dibantu biaya sertifikasinya oleh Kankemenag Kabupaten Karimun.” Jelas H. Kholif Ihda Rifai.

Tujuan dari bantuan sertifikasi halal ini tambah H. Kholif adalah sebagai upaya Kementerian Agama untuk mensosialisasikan pentingnya kesadaran produsen atau pengusaha untuk mensertifikasi usahanya. 

"Tentunya dengan sertifikasi halal akan memberi keuntungan bagi pengusaha tersebut, karena konsumen muslim khususnya tidak akan ragu lagi jika akan membeli produk usaha mereka karena sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI.” Ungkap H. Kholif.

Comments