H. Afrizal: Empat Peran Pemerintah dalam Pengelolaan Zakat

Karimun (Humas) –Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun melalui Penyelenggara Syariah, Jumat (22/9/2017) mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan SIMZAT (Sistem Informasi Manajemen Zakat) kepada 10 UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang ada di Kabupaten Karimun.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, H. Afrizal sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi Peran Pemerintah Dalam Pengelolaan Zakat.

“Peran Pemerintah dalam pengelolaan zakat ada 5, pertama sebagai Regulator, yakni membuat peraturan dan petunjuk pelaksanaan pengelolaan zakat sebagai penjabaran ketentuan syariah maupun Undang-undang.” Jelas H. Afrizal.

Yang kedua, lanjut H. Afrizal adalah sebagai motivator, artinya pemerintah melalui Kementerian Agama melakukan pembinaan, bimbingan dan sosialisasi  baik secara langsung ataupun secara tidak langsung kepada Badan, Lembaga dan masyarakat.

“Selanjutnya peran pemerintah adalah sebagai fasilitator, dalam hal ini pemerintah mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang operasional pengelolaan zakat di tingkat pusat sampai ke daerah. Dan di Kabupaten Karimun, Alhamdulillah semua fasilitas Kantor BAZNAS sangat bagus dan lengkap, hal ini tidak terlepas atas bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.” Tambah H. Afrizal.

Dan yang terakhir, peran pemerintah itu, masih berdasarkan penjelasan dari H. Afrizal adalah sebagai koordinator, maksudnya pemerintah mengkoordinasikan semua BAZNAS, UPZ dan LAZ  di semua tingkatan sekaligus memantau dan mengawasi keberadaan mereka.

Comments