Ka. Kankemenag Karimun H. Afrizal Beri Pembinaan Perkawinan Kepada 20 Pasang Catin

Karimun (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Rabu (20/9/2017) berkesampatan menyampaikan materi kepada 20 pasang Calon Pengantin yang sedang mengikuti kegiatan bimbingan perkawinan yang dilaksanakan oleh Seksi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Karimun.

“Menikah itu adalah perintah agama, sebagaimana yang dfirmankan oleh Allah SWT dalam surah An-Nur ayat 32 yang artinya: dan kawinlah orang-orang yang sendirian diantara kamu dan mereka yang berbudi pekerti baik termasuk hamba-hamba sahayamu laki-laki dan perempuan. Dan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslimyang artinya Nikah adalah sunahku, barangsiapa yang membenci sunahku bukanlah termasuk umatku.” Jelas H. Afrizal.

Adapun tujuan dari menikah itu sendiri, H. Afrizal lebih lanjut menjelaskan adalah untuk membentuk keluarga sakinah, mawadah dan rahmah. Kemudian untuk memelihara pandangan mata dan kehormatan diri serta mendapatkan keturunan yang sah.

Sementara itu, Samsul Arif selaku panitia pelaksana mengatakan bahwa kegiatan bimbingan perkawinan ini berlangsung selama 2 hari, yakni hari Selasa dan Rabu bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun. 

Adapun materi bimbingan yang disampaikan kepada peserta diantaranya: Mempersiapkan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah, Mengelola Dinamika Perkawinan dan Keluarga, Menjaga Kesehatan Reproduksi Keluarga, Menyiapkan Generasi Berkualitas, Mengelola Konflik dan Membangun Ketahanan Keluarga.

Dan sebagai narasumbernya menghadirkan dari pihak yang berkompeten, mulai dari Kantor Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan dari Kementerian KPPA/BP4 Kabupaten Karimun. 

Comments