MUI Kabupaten Karimun Galang Dana Kemanusiaan Untuk Pengungsi Rohingya

Karimun (Humas) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karimun, Rabu (13/9/2019) bertempat di ruang pertemuan Jamiatul Birri Masjid Agung Karimun menggelar rapat untuk menyikapi konflik yang terjadi di Myanmar atas masyarakat Rohingya.

Hasil rapat yang dipimpin wakil Ketua H. Bustami Dt. Rajo Marah bersama pengurus MUI Karimun tersebut memutuskan beberapa hal yakni membuat edaran kepada pengurus Masjid/Mushalla untuk melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya dengan berkoordinasi dengan DMI Kabupaten Karimun. Dana yang terkumpul di Masjid/Mushalla akan dikumpulkan di MUI Kabupaten untuk selanjutnya diserahkan ke MUI Provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya kepada pengurus Masjid/Mushalla untuk melaksanakan doa bersama atau sendiri-sendiri untuk keselamatan etnis Rohingya di Myanmar.

“Surat edaran dari MUI ini diharapkan dapat disampaikan oleh pengurus Masjid kepada jamaah sebelum shalat jumat dan kepada pengurus diharapkan menyediakan kotak sumbangan khusus untuk bantuan bagi pengungsi Rohingya.” Jelas H. Kholif Ihda Rifai salah satu pengurus MUI yang juga Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Karimun.

Sementara itu dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau juga menyampaikan edaran terkait konflik kemanusiaan di Rohingya State, Myanmar yang telah menelan korban jiwa khususnya perempuan dan anak-anak muslim Rohingya.

Edaran dari Kanwil Kemenag Kepri tersebut menghimbau agar masyarakat khususnya kaum muslimin dapat melaksanakan shalat ghaib untuk korban wafat setelah shalat jumat tanggal 15 September 2017 dan  melakukan penggalangan dana untuk disalurkan kepada korban kekerasan kemanusiaan di Rohingya. 

Comments