Pernyataan Sikap MUI Kabupaten Karimun Terkait Konflik Yang Terjadi di Myanmar

Karimun (Humas) – MUI Kabupaten Karimun turut memberikan pernyataan terkait konflik yang terjadi di Myanmar. Berikut adalah pernyataan lengkap sikap dari MUI Kabupaten Karimun yang ditandatangani oleh Wakil Ketua H. Bustami Dt. Rajo Marah dan Sekretaris Umum H. M. rasyid Nur, MM. 

Assalamu’alaikum Wr. Wbr.

Teriring Salam dan doakami semoga Allah SWT senantiasa memberikan anugerah, rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua, amiin.

Dengan ini kami sampaikan bahwa sesuai dengan keputusan rapat pengurus MUI Kabupaten Karimun pada hari Kamis, 15 Zulhijjah 1438 H/07 September 2017 di ruang rapat Gedung Jamiatul Birri, Poros, Karimun untuk  menyikapi konflik yang terjadi di Myanmar tentang perlakuan keji yang dilakukan oleh aparat pertahanan dan masyarakat terhadap masyarakat Rohingya, dengan ini Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten karimun menyampaikan beberapa hal:
  1. Mengutuk keras perlakuan keji di luar prikemanusiaan yang dilakukan oleh aparat keamanan, pertahanan dan masyarakat Myanmar dengan dalih apapun juga;
  2. Meminta kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk mengambil sikap tegas dan jelas kepada Pemerintah Myanmar supaya Pemerintah Myanmar menghentikan perlakuan keji tersebut.
  3. Menghimbau seluruh umat Islam dan masyarakat Kabupaten Karimun khsuusnya dan Provinsi Kepulauan Riau umumnya untuk tidak terhasut dan terprovokasi untuk berbuat kekacauan, agar tetap dapat menjaga kondusifitas daerah Karimun khususnya, Provinsi Kepri umumnya.
  4. Menghimbau seluruh Masjid dan Mushalla se-Kabupaten Karimun untuk melakukan doa bersama dan atau sendiri-sendiri di Musholla dan Masjid untuk keselamatan masyarakat Rohingya di setiap shalat fardhu dalam waktu sekurang-kurangnya 1 (satu) pekan.

Demikian pernyataan sikap ini disampaikan, atas perhatian dan keikutsertaannya kami ucapkan terimakasih. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan memberi ketabahan kepada kita, khususnya kepada saudara-saudara kita etnis Rohingya dalam menghadapi ujian dan cobaan ini, amiin ya rabbal alamin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wbr.

Comments