Sebelum Ke Madinah: Jamaah Haji Kloter 19 BTH Melakukan Ziarah

Karimun (Humas) – Jamaah Haji Kloter 19 BTH yang telah melaksanakan ibadah haji saat ini masih berada di Makkah dan mengisi kegiatan menjelang keberangkatan ke Madinah dengan melakukan ibadah rutin di Masjidil Haram dan berziarah. Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh H. Jamzuri selaku TPIJI Kloter 19 BTH melalui pesan WA, Rabu (13/9/2017).

Diantara tempat ziarah jamaah haji yang masih beada di Mekkah diantaranya adalah  tempat kelahiran Nabi SAW yang sekarang dijadikan perpustakaan umum, letaknya disebelah Timur halaman Timur Masjidil Haram.

Tempat ziarah selanjutnya adalah Masjid Abu Hurairah, letaknya sekitar 400 m sebelah timur laut Masjidil Haram. Tempat ziarah lainnya adalah Makam Ma'la, merupakan pemakaman tertua di Makkah, disana terdapat makam Ummul Mukminin Siti Khadijah, istri pertama Nabi SAW.

Berikutnya adalah Masjid Jin yang terletak di sebelah kiri makam Ma'la. Dinamakan demikian karena di sanalah Rasulullah SAW menulis surat surat ke Ibnu Mas'ud R.A ketika menerima rombongan jin yang ingin membaiat Nabi, yang sebelumnya mereka bertemu Nabi di Nakhlah dalam perjalanan pulang dari Thaif. 

Jamaah Haji gelombang II sebelum berangkat menuju Madinah untuk melaksanakan arbain juga melakukan ziarah di Jabbal Nur dan Gua Hira, yang terletak sekitar 6 Km di sebelah utara Masjidil Haram. Selain itu jamaah juga baisanya berziarah ke Jabbal Tsur yang terletak sekitar 6 Km sebelah selatan Masjidil Haram. Dan terakhir adalah Jabal Rahmah, di atas bukit ini terdapat sebuah tugu yang menurut riwayat sewaktu Nabi Adam AS dan Siti Hawa di turunkan oleh Allah dari surga, keduanya terpisah lebih dari 100 tahun lamanya dan pada akhirnya mereka bertemu kembali di Jabal Rahmah ini.

Untuk diketahui berdasarkan laporan dari H. Jamzuri selaku TPIJI Kloter 19 BTH menyampaikan bahwa  waktu pelaksanaan wukuf kemarin jamaah haji kloter 19 Batam dari  445 jamaah dan 5 orang petugas yang mengambil tarwiyah sebanyak 28 orang, nafar sani 419 orang dan yang disafari wukuf sebanyak 3 orang.

H. Jamzuri menjadi petugas TPIHI di Kloter 19 BTH Batam meninggalkan tanah air pada Kamis malam (17/8/2017) lalu melalui  Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada pukul 19.50 WIB dengan nomor penerbangan SV 5419. Ia menjadi petugas TPIHI bersama Zainal Arifin, S.Ag. sebagai petugas TPHI membawa 445 Jamaah Calon Haji yang semuanya dari Batam. 

Comments