Ka. Kankemenag Karimun: Pentingnya Kerukunan Umat Beragama

Karimun (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun H. Lukman, Jum’at (2/3/2018) saat menyampaikan materi dalam kegiatan Pembinaan Manajemen Tempat Ibadah Agama Buddha yang berlangsung di ruang aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menyampaikan bahwa Kerukunan Umat Beragama sangat penting karena tidak ada pembangunan tanpa kerukunan.

“Kerukunan Hidup Umat Beragama adalah terwujudnya hidup rukun, hidup dalam suasana baik dan damai, tidak bertengkar, bersatu hati dan bersepakat antar umat yang berbeda agamanya. Bagaimana mungkin pembangunan bisa dilaksanakan jika tidak ada kerukunan umat beragama. Kerukunan ini ada tiga yang dikenal denga Tri Kerukunan. Pertama kerukunan intern umat beragama, jadi kerukunan didalam  umat beragama juga perlu dijaga, jangan sampai di intern umat beragam terjadi konflik. Kedua adalah kerukunan antar umat beragama yakni antara umat beragama satu dengan umat agama lainnya, ini yang harus benar-benar dijaga, jangan sampai terjadi konflik antara satu agama dengan agama lain. Dan yang terakhir adalah kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah. Dan kerukunan ini merupakan salah satu dari misi dari Kementerian Agama Kabupaten Karimun yakni Memantapkan Kerukunan Umat Beragama” Terang Lukman.

Selanjutnya, Lukman menjelaskan bahwa pentingnya kerukunan umat beragama karena kerukunan umat beragama merupakan bagian penting dari kerukunan nasional. Indikasi Kerukunan Umat Beragama bisa dilihat dengan suasana kehidupan umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dalam Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Pemeliharaan kerukunan umat beragama inni menjadi tanggung jawab bersama, yakni umat beragama sendiri, Pemerintah Daerah dan Pemerintah.” Tambahnya.

Lebih lanjut, Lukman menjelaskan bahwa hak beragama adalah hak asasi yang melekat pada setiap manusia dimana setiap orang bebas memilih agama dan beribadat menurut agamanya, karena negara menjamin tiap penduduk memeluk agamanya dan beribadat menurut agamanya masing-masing sebagaimana diatur dalam UUD 1945 Bab XI, pasal 29 ayat 1 dan 2.

“Adapun peran pemerintah dalam kehidupan beragama yakni melindungi setiap usaha penduduk untuk melaksanakan ajaran agama dan ibadat pemeluknya sepanjang tidak bertentangan dengan perundang-undangan, tidak menyalahgunakan atau menodai agama dan tidak mengganggu ketertiban umum. Memberikan pelayanan dan bimbingan agar setiap penduduk dalam melaksanakan ajaran agamanya berlangsung rukun, lancar dan  tertib. Melindungi masyarakat, menjaga persatuan, pesatuan dan kerukunan Nasional serta keutuhan negara RI.  Dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.” Tutupnya.

Comments