Pelaksanaan Manasik Haji JCH Kabupaten Karimun oleh IPHI Kabupaten Karimun

Karimun (Humas) – Sebanyak 210 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Karimun mengikuti manasik haji Perdana yang diselenggarakan Ikatakan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karimun diselengarakan di dua tempat, di pulau Karimun dan di pulau Kundur (3/3/2018).

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua PD. IPHI Kabupaten Karimun H. Harris Fadillah, S.Ag. Sabtu (3/3/2018) pada pertemuan pertama  di Aula Balai Pertemuan Haji Kecamatan Tebing Karimun.

Dalam sambutan H. Haris Fadillah menyampaikan bahwa menunaikan ibadah haji adalah sesuatu yang amat dirindukan oleh setiap umat Islam karena belum tentu kesempatan menunaikan ibadah haji itu datang kembali, apalagi jika melihat kuota haji yang terbatas dan giliran keberangkatan yang cukup panjang

"Maksud dan tujuan pramanasik haji ini, yang pertama untuk memberi manfaat kepada jama’ah calon haji, kedua manasik ini dapat membentuk haji yang mandiri, terakhir sebagai ajang silaturahmi dan saling kenal antara satu jama’ah dan jama’ah yang lain.”  ungkap mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun ini.

Terpisah, H. Sufriadi, selaku Sekretaris PD IPHI Kabupaten Karimun menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan  Manasik Haji oleh PD. IPHI Kabupaten Karimun Tahun 2018 M / 1439 H  ini akan dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan yakni tanggal 3, 17, 18, 24, 25 Maret 2018 dan dilaksanakan di dua tempat yakni di Pulau Karimun dan Pulau Kundur.

“Terkait dengan pelaksanaan kegiatan manasik ini, kita sudah mengadakan pertemuan teknis dengan JCH asal Pulau Karimun di Aula Balai Pertemuan Haji Kecamatan Tebing. Adapun pertemuan dengan JCH Pulau Kundur termasuk JCH Kec. Moro akan dilaksanakan di Aula Pertemuan Haji Kecamatan Kundur", tambah H. Sufriadi.

Adapun materi yang akan disampaikan dalam kegiatan Manasik ini, jelas Sufriadi diantaranya tentang Kebijakan Pemerintah Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kebijakan Pemerintah Tentang Kesehatan Haji, Bimbingan Perjalanan Haji, Pelestarian Haji Mabrur, Penyelenggaraan Ibadah Umrah, Kegiatan Wukuf di Arafah, Pelaksanaan Umrah hingga kembali ke Pemondokan, Kegiatan Mabit di Mina dan Melontar serta thawaf dan Sai Haji, Penyelenggaraan Ibadah Haji, Kebiasaan Dan Tradisi Bangsa Arab, Fiqh Haji Wanita, Kegiatan di Madinah, Arbain  dan Persiapan Umrah, dan Pelepasan Gladi posko.

Untuk kelancaran kegiatan manasik tahun 2018 M / 1439 H ini, masih menurut H. Sufriadi, IPHI Kabupaten Karimun akan berkooordinasi dan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun dan Kepala KUA Kecamatan Se-Kabupaten Karimun.

Comments